kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani Ingatkan PMN Rp 5 Triliun untuk PLN Harus Digunakan Secara Akuntabel


Jumat, 31 Desember 2021 / 15:27 WIB
Sri Mulyani Ingatkan PMN Rp 5 Triliun untuk PLN Harus Digunakan Secara Akuntabel
ILUSTRASI. Sri Mulyani Ingatkan PMN Rp 5 Triliun untuk PLN Harus Digunakan Secara Akuntabel


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Penyertaan Modal Negara (PMN) untuk PT PLN (Persero) akan digunakan untuk memperkuat struktur modal guna mendukung pembangunan infrastruktur kelistrikan. 

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan PMN yang cukup vital bagi PLN. Menurutnya, PMN ini adalah satu kepercayaan yang harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. 

"Ini merupakan kepercayaan bahwa pemerintah hadir menyelesaikan masalah yang kita hadapi sama-sama. Dan tentunya kita harus mengembalikan kepercayaan itu," kata Erick Thohir seperti dikutip dari Antara, Jumat (31/12/2021). 

Sementara itu Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta agar penggunaan dana dari PMN dijalankan oleh BUMN secara akuntabel dan transparan. 

Baca Juga: Sri Mulyani Ciptakan Tradisi Baru Ingin BUMN Penerima PMN teken KPI

Hal ini dikarenakan PMN berasal dari uang negara, sehingga harus bisa disampaikan apakah manfaat PMN sudah sesuai dibandingkan beban yang akan dipikul oleh negara dalam mempertanggungjawabkan anggarannya. 

"Jadi Rp 5 triliun (untuk PLN) jangan sampai seperti membuang garam ke laut. Saya minta ada akuntabilitas Rp 5 triliun itu menjadi apa. Jadi kita sama-sama untuk bertanggung jawab kepada masyarakat," ujar Sri Mulyani.   

Dia pun berharap agar pencairan dana PMN pada penghujung 2021 ini dapat menjadi sebuah awal bagi kinerja PLN untuk bisa lebih akuntabel, menggunakan dana masyarakat secara profesional dan bisa dipertanggungjawabkan. 

PLN selalu berkomitmen mengelola PMN secara akuntabel dan transparan guna mempercepat infrastruktur kelistrikan di Tanah Air. 

Baca Juga: Sejumlah BUMN Tertekan Tumpukan Utang Akibat Proyek Penugasan Pemerintah

PMN merupakan bagian dari penugasan negara kepada PLN untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan sebagai penunjang program-program listrik desa sehingga harapannya dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×