kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45700,06   2,33   0.33%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM 0.36%
  • RD.CAMPURAN 0.15%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.14%

Sidang isbat penentuan hari raya Idul Adha akan dilakukan Kamis 1 Agustus


Senin, 29 Juli 2019 / 13:35 WIB
Sidang isbat penentuan hari raya Idul Adha akan dilakukan Kamis 1 Agustus

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal bulan Zulhijjah 1440 H. Sidang ini akan digelar penetapan Kamis, 1 Agustus 2019 untuk menentukan waktu pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, 10 Zulhijjah 1440 H. 

Sidang dijadwalkan akan dipimpin oleh Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin. Dia menggantikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang tengah bertugas sebagai amirul hajj atau pemimpin haji di Arab Saudi. 


"Sidang isbat awal Zulhijjah akan dilaksanakan Kamis, 1 Agustus 2019 M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin Nomor 6, Jakarta," ujar Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin dalam keterangan tertulis, Senin (29/7). 

Merujuk kalender masehi, Idul Adha jatuh pada Senin, 12 Agustus 2019. Namun, untuk ketepatan waktu pelaksanaan tersebut perlu dilakukan sidang penetapan. 

Sidang isbat nantinya akan dihadiri sejumlah tokoh agama dari Majelis Ulama Indonesia, para Duta Besar Negara sahabat, Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

Kemudian, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menambahkan, penentuan awal Zulhijjah 1440 H menunggu hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota. 

Hasil tersebut akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Zulhijjah 1440 H dan Idul Adha. (Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kementerian Agama Gelar Sidang Isbat Idul Adha pada 1 Agustus 2019"




TERBARU

Close [X]
×