kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sederet faktor ini bikin BI yakin inflasi hingga akhir tahun ada di bawah 3,5%


Sabtu, 31 Agustus 2019 / 06:15 WIB
Sederet faktor ini bikin BI yakin inflasi hingga akhir tahun ada di bawah 3,5%


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia optimistis hingga akhir tahun ini inflasi masih akan berada di bawah kisaran 3,5%. Menurut BI, terjaganya tekanan harga menjadi salah satu faktor yang mendukung tercapainya angka inflasi tersebut.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengungkapkan, optimisme inflasi akan berada dalam koridor target yang ditetapkan salah satunya didukung oleh terjaganya tekanan harga fundamental yang dipengaruhi oleh tingkat permintaan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini.

"Tingkat permintaan saat ini bila dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi di kuartal I-2019 yang sebesar 5,07% dan pada kuartal II-2019 yang sebesar 5,05%, kami lihat masih di bawah kapasitas produksi potensial sehingga kenaikan permintaan masih dapat dipenuhi dari kapasitas produksi," kata Perry saat ditemui di Bank Indonesia, Jumat (20/8).

Baca Juga: BI proyeksikan inflasi bulan Agustus 2019 sebesar 0,15%

Selain itu, tercapainya inflasi di bawah 3,5% tahun ini juga didasari oleh ekspektasi inflasi terjaga rendah, baik ekspektasi di pasar keuangan, ekonom, maupun konsumen, dan juga produk.

Perry menambahkan, terjaganya inflasi juga merujuk pada kepercayaan atau kredibilitas kebijakan yang ditempuh BI dan pemerintah.

Selain itu, inflasi yang tergolong rendah tahun ini juga dipengaruhi oleh harga-harga internasional yang turun dan nilai tukar rupiah yang cenderung stabil. Ini membuat inflasi dari impor atau imported inflation tidak terlalu signifikan.

Selanjutnya, koordinasi yang erat antara BI dengan pemerintah baik itu pemerintah pusat maupun daerah juga turut menjaga inflasi di bawah 3,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×