kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas menyebut 7% pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet tak pernah keluar rumah


Sabtu, 19 September 2020 / 11:01 WIB
Satgas menyebut 7% pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet tak pernah keluar rumah
ILUSTRASI. Beraktivitas di rumah saja tidak menjamin seseorang dapat terbebas dari ancaman Covid-19.


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, 7% dari seluruh pasien Covid-19 yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran tidak pernah keluar rumah. Doni mengatakan, hal itu membuktikan bahwa beraktivitas di rumah saja tidak menjamin seseorang dapat terbebas dari ancaman Covid-19.

"Program-program di rumah saja ternyata tidak menjamin seseorang tidak terpapar Covid. Apa buktinya? 7% pasien yang sekarang dirawat di Rumah Sakit Covid Wisma Atlet adalah mereka yang tidak pernah keluar rumah," kata Doni dalam sebuah webinar, Sabtu (19/9).

Menurut Doni, hal itu dapat terjadi karena ada orang yang tinggal serumah tetap beraktivitas di luar rumah. Tanpa disadari, keluarga atau orang yang tinggal serumah tersebut dapat menjadi pembawa virus dan menyebabkan penularan.

"Kalau di rumah itu ada orang-orang atau keluarga yang secara rutin mengikuti aktivitas di luar rumah, ketika kembali bisa jadi menjadi carrier, menjadi pembawa virus, pembawa Covid, bisa menulari juga," ujar Doni.

Baca Juga: Inilah 5 tanda daya tahan tubuh melemah yang sering tidak disadari banyak orang

Oleh sebab itu, Doni mengingatkan agar protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak, benar-benar dipraktikkan saat berada di luar rumah, agar tidak membawa virus dan menyebabkan penularan. Menurut Doni, perubahan perilaku tersebut merupakan kunci untuk mengalahkan Covid-19.

Sebab, pandemi Covid-19 berbeda dengan wabah flu burung yang dapat dicegah penularannya dengan memusnahkan hewan unggas. "Covid ini yang mengantarkannya bukan hewan, tapi manusia. Sehingga, batasan antarorang itulah yang menjadi prioritas kita," kata Doni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Satgas Sebut 7 Persen Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Tak Pernah Keluar Rumah.
Penulis: Ardito Ramadhan
Editor: Kristian Erdianto

Selanjutnya: Jalur pedestrian di seputar Istana Bogor ditutup untuk menghindari keramaian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×