kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek infrastruktur dan pertahanan menjadi fokus 2021


Selasa, 18 Agustus 2020 / 06:15 WIB
Proyek infrastruktur dan pertahanan menjadi fokus 2021


Reporter: Abdul Basith Bardan, Lidya Yuniartha, Ratih Waseso, Vendy Yhulia Susanto | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah sudah menetapkan anggaran belanja bagi kementerian dan lembaga dalam Rancangan Anggaran Belanja dan Pendapatan Negara (RAPBN) 2021. Pada rancangan anggaran 2021 tersebut, ada 10 kementerian dan lembaga yang mendapat anggaran paling banyak atau terbesar dibanding kementerian lainnya.

Salah satu yang mendapat perhatian pemerintah adalah anggaran Kementerian Pertahanan (Kemhan). Kementerian yang dipimpin Menhan Prabowo Subianto ini mendapat kenaikan anggaran Rp 20 triliun dari tahun ini Rp 117,9 triliun jadi Rp 137 triliun. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan,  pemerintah menambah anggaran Kemhan dengan pertimbangan lembaga ini tengah berupaya memenuhi kebutuhan alat utama sistem persenjataan serta perawatannya. 

Baca Juga: 10 kementerian dengan anggaran terbesar diminta efektif membelanjakan bujetnya

Sri Mulyani Indrawati juga menyatakan, anggaran Kemhan tersebut juga nantinya bisa ikut mendorong pengembangan industri strategis nasional. "Kami meminta kepada mereka untuk betul-betul bisa menggunakan anggarannya," tutur Sri Mulyani saat memaparkan Nota Keuangan 2021, akhir pekan lalu (14/8).

Baca Juga: Anggaran Kemhan bertambah Rp 20 triliun tahun depan, Komisi I DPR akan dalami

Berdasarkan Buku III Himpunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian dan Lembaga, Kemhan mengalokasikan anggaran Rp 6,11 triliun untuk pemeliharaan dan perawatan persenjataan termasuk Bahan Bakar Minyak dan Pelumas (BMP). Kemhan juga siap melanjutkan program prioritas dan strategis  untuk pemenuhan Kekuatan Pokok Minimum (MEF). Beberapa output yang ditargetkan sebesar Rp 9,3 triliun untuk pengadaan persenjataan.

Sedangkan kementerian dengan anggaran terbesar masih dipegang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kementerian ini mendapatkan alokasi anggaran sekitar  Rp 149,81 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, pagu anggaran ini sesuai dengan  keputusan Surat Bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan pada tanggal 5 Agustus 2020. Jumlah anggaran tersebut meningkat sekitar Rp 34,23 triliun dari keputusan Surat Bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas dan Menteri Keuangan pada 8 Mei 2020.

Menurut Basuki, anggaran Rp 149,81 triliun tersebut akan digunakan untuk merealisasikan beberapa pekerjaan yang sempat tertunda di 2020.

"Tahun 2020 ini Kementerian PUPR men-delay beberapa pekerjaan, bukan membatalkan. Jadinya tadi single years menjadi multi year, atau yang belum lelang 2020, kami jadikan prioritas di 2021," ujar Basuki dalam konferensi pers nota keuangan dan RUU APBN 2021.

Tambahan anggaran  Rp 34,23 triliun tersebut akan digunakan untuk membiayai kebutuhan infrastruktur untuk program ketahanan pangan, membangun infrastruktur kawasan industri, koneksi jalan raya, banjir dan lainnya.

Meskipun pemerintah telah mengalokasikan anggaran besar bagi beberapa kementerian, tapi semua harus dibahas bareng dengan DPR. Anggota Komisi I DPR RI Willy Aditya menyebutkan,  DPR akan melihat lagi perincian anggaran Kementerian Pertahanan apakah  terlalu besar atau masih kurang.

Menurut Willy, jika melihat perspektif pertahanan semesta yang melibatkan logistik dan aspek pertanahan lainnya, maka butuh anggaran besar. Apalagi Kemenhan mendapat tugas mengawasi ketahanan pangan tentu anggaran tersebut jadi lebih kecil. "Ini yang perlu dilihat," tutur Wakil Ketua Fraksi Nasdem tersebut kepada KONTAN.

Sedangkan Anggota Komisi XI Anis Byarwati mengingatkan, agar belanja 10 kementerian/lembaga dengan pagu anggaran terbesar lebih efisien namun tetap produktif. 

Ekonom Indef Enny Sri Hartati mempertanyakan anggaran besar lebih dari Rp 100 triliun di Kementerian Pertahanan dan Kepolisian RI. Sebab lebih baik menambah anggaran untuk pandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×