kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.342.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Politisi Senior Partai Gerindra Permadi Satrio Wiwoho Meninggal Dunia


Rabu, 12 Juni 2024 / 15:53 WIB
Politisi Senior Partai Gerindra Permadi Satrio Wiwoho Meninggal Dunia
ILUSTRASI. Politikus senior Partai Gerindra, Permadi Satria Wiwoho (tengah)


Sumber: Kompas.com | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permadi Satrio Wiwoho, Politisi senior Partai Gerindra, meninggal dunia di rumahnya di Jalan Pengadegan, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2024) pagi.

Permadi meninggal dunia usai menjalani perawatan khusus karena kondisi kesehatannya. Berita duka Permadi Satrio Wiwoho meninggal dunia disampaikan oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Habiburokhman.

"Innalillahi wa innailahi rojiun, duka cita mendalam atas berpulang-nya senior kami Bapak Permadi tadi pagi jam 07.30 WIB di kediaman kawasan Pengadegan," ujar dia, dilansir dari Antara, Rabu.

Ia pun menyampaikan ucapan belasungkawa dan doa kepada keluarga yang ditinggalkan.

Baca Juga: Permadi dipolisikan, BPN duga kriminalisasi agar pendukung Prabowo ciut nyalinya

Menurut Habiburokhman, Permadi merupakan politisi senior yang memiliki sikap teguh dan selalu memperjuangkan hak rakyat tertindas.

Permadi Satrio Wiwoho lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 14 Mei 1940. Sebelum menjadi politikus Gerindra, Permadi Satrio Wiwoho pernah malang melintang sebagai aktivis pergerakan.

Permadi merupakan salah satu pendiri Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pada 1973 Sebelum bergabung dengan Gerindra, dia adalah politisi dari PDIP.

Permadi pernah menjabat sebagai anggota Dewan Kehormatan DPP Partai Gerindra. Ia juga pernah menjabat sebagai anggota DPR RI Komisi I pada 2004-2009 dari fraksi PDIP.

Dia menjadi anggota DPR F-PDIP 2004-2009 dari daerah pemilihan Jawa Timur IX.

Selain menjadi anggota DPR, Permadi juga pernah tercatat menjadi anggota Komisi Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR pada periode 2004-2009.

Namun, pada 2009 ia memutuskan untuk mengundurkan diri secara resmi sebagai anggota DPR.

Baca Juga: Jabatan Komisaris di BUMN Diisi Kalangan Politisi Jadi Sorotan

Pada 2019, Permadi pernah dilaporkan atas dugaan makar dan ujaran kebencian. Hal itu terkait video yang diambil ketika dia berbicara selaku anggota lembaga pengkajian MPR pada 8 Mei 2019.

Kendati demikian, ia menegaskan tak pernah berniat untuk makar. "Saya enggak pernah makar. Saya harus siap diperiksa. Siap tidak siap, ya harus menghadap," ujar Permadi, dikutip dari Kompas.com (27/5/2024).

Penulis: Alinda Hardiantoro
Editor: Ahmad Naufal Dzulfaroh

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Profil Permadi Satrio Wiwoho, Politisi Senior Gerindra yang Meninggal Dunia".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×