kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Permudah akses layanan kesehatan, Dompet Dhuafa dorong Crisis Center


Senin, 02 Agustus 2021 / 15:28 WIB
Permudah akses layanan kesehatan, Dompet Dhuafa dorong Crisis Center
ILUSTRASI. Dompet Dhuafa.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah kasus Covid-19 yang terus menjadi momok bagi masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek. Selama masa pandemi Covid-19 ini, banyak masyarakat yang terpapar Covid-19 mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas maupun layanan kesehatan. Menlihat hal ini, Dompet Dhuafa membuat Crisis Center untuk akses masyarakat yang terpapar, bahkan Dompet Dhuafa turut mendistribusikan paket pangan dalam program Food For Dhuafa.

Dari data yang hingga 30 Juli 2021 Crisis Center Dompet Dhuafa dengan layanan kesehatan telah melayani pemberian paket nutrisi bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di wilayah Jabodetabek sebanyak 150 penerima manfaat, yang tersebar di 10 kabupaten/kota dengan mencakup 3 provinsi. 

Sebaran paket isoman terbanyak yakni Depok dengan 44 penerima manfaat, posisi kedua diikuti Kota Tangerang dengan 20 penerima manfaat dan urutan ketiga yakni Kota Bekasi dengan 18 penerima manfaat.

Baca Juga: Jakarta Garden City dan Alumni Akpol 91 bagikan paket sembako secara online

“Selain itu, hingga per hari ini (Senin, 2/08/2021) Dompet Dhuafa merespon dengan layanan ambulans yang dimiliki, dengan total 61 penerima manfaat mencakup 13 Kota maupun Kabupaten di 3 Provinsi yang terlayani. Di sisi lain Dompet Dhuafa memberikan layanan isoman dan gizi, layanan yang diberikan dengan cara berkunjung ke masyarakat yang isoman ke rumah dan memberikan layanan pengecekan kesehatan atas rekomendasi Ketua RT maupun RW setempat," ujar Yeni Purnamasari, General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa dalam keterangannya.

Dukungan Dompet Dhuafa selama 24 jam bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 maupun saat diberlakukan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), menyiapkan 8 Rumah Sakit, RS Lapangan Covid-19 dan RS Kontainer, relawan penyemprotan desinfektan, saluran siaga Covid-19, 30 unit ambulans, dokumen protokol pencegahan Covid-19, 21 klinik, relawan kesehatan khusus Covid-19, lebih dari 15.000 orang relawan beragam bidang, relawan dukungan psikososial religi hingga 5 unit ambulans jenazah.

Berbagai aktifitas layanan Crisis Center Dompet Dhuafa untuk Covid-19 dengan mendistribusikan 5.199 paket sembako Food For Dhuafa, 34 titik penyemprotan disinfektan, 31 layanan ambulans Covid-19, 56 layanan pemulasaran jenazah Covid-19. Dompet Dhuafa juga membuka sentra vaksinasi di Jakarta dan Depok sebanyak 14.643 peserta dari 14.643 unit vaksin Covid-19 yang tersedia. 

Mendistribusikan 160 paket makanan siap saji untuk masyarakat isoman, 12 layanan pendampingan isoman, 3 unit RS Lapangan di Jakarta dan Depok, 637 paket isoman medis (obat), 11.864 paket makanan dari dapur umum, 394 konsultasi kesehatan Covid-19, 72 tabung layanan oksigen, 91 testing Covid-19 dengan 78 antigen dan 13 PCR. Hingga kami sudah memberikan 27 layanan untuk PFA dan religi. 

Baca Juga: Wamenkeu: APBN bergerak fleksibel dan responsif demi menyelamatkan rakyat

Sementara untuk layanan Food For Dhuafa telah mendistribusikan 130 Ton beras mencakup wilayah Jabodetabek,  Sukabumi dan Banten, dengan sasaran pondok pesantren, panti asuhan hingga komunitas masyarakat yang terdampak pandemi.

“Kami terus berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat terutama bagi mereka yang terpapar Covid-19. Seperti aksi kami untuk memberikan pendampingan masyarakat yang menjalani isoman di Tangerang Selatan dan Jakarta. Sebanyak 569 pasien sudah kami lakukan pendampingan bekerjasama dengan satgas dan Puskesmas setempat," tambahnya.

Selanjutnya: Kemnaker lakukan pengecekan data 1 juta calon penerima bantuan subsidi upah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×