kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peran Riset Terapan Dalam Menjadikan UMKM Indonesia Lebih Tangguh


Kamis, 15 Juli 2021 / 19:51 WIB
Peran Riset Terapan Dalam Menjadikan UMKM Indonesia Lebih Tangguh
ILUSTRASI. Kontan - KEMENDIKBUD Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Pendidikan vokasi dan UMKM memiliki keterkaitan yang sangat besar. Pasalnya, keduanya menjadi tumpuan penciptaan lapangan kerja sekaligus menciptakan sumber daya yang andal karena pendidikan vokasi berorientasi pada keahlian menciptakan SDM yang siap kerja.

Sementara itu, sektor koperasi dan UMKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia. Namun sayangnya, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap ketahanan sektor UMKM.

Jahja Sunarjo, Ketua Umum CEO Business Forum, mengatakan bahwa dari 64 juta UMKM di Indonesia, sekitar 78 persen sudah di ambang kegalauan atau kesusahan.

“UMKM kita sedang menghadapi tantangan yang sangat berat 15-16 bulan menghadapi pandemi. Dan pemerintah sudah habis-habisan mempertahankan ekonomi, tapi ternyata tidak cukup,” ujar Jahja dalam webinar Seri Diskusi Riset Keilmuan Terapan Pendidikan Tinggi Vokasi dengan tema “Solusi Riset Terapan Vokasi Untuk Resiliensi UMKM” yang diadakan pada 14 Juli 2021 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Menurut Jahja, sektor yang harus menjadi prioritas untuk diselamatkan saat ini adalah UMKM dan koperasi karena keduanya menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dalam 5-10 tahun ke depan.

“Kekuatan ekonomi tidak akan lagi bergantung pada konglomerasi, tapi pada koperasi dan UMKM,” ujar Jahja.

Untuk itu, Wientor Rah Mada, Director of Business & Marketing SMESCO Indonesia, mengatakan bahwa digitalisasi menjadi salah satu cara membuat UMKM di Indonesia lebih resilience dan survive.

“Sampai saat ini data UMKM yang sudah onboard digital itu sekitar 13,7 juta. Kami dari KemenkopUKM sedang mendorong agar jumlah UMKM yang onboard digital mencapai 30 juta di tahun 2024. Tapi, definisi digital ini berbeda-beda antara usaha mikro, kecil, dan menengah,” ujar Wientor.

Menurut Wientor, di seluruh Kementerian/Lembaga di Indonesia ada sekitar 3.000 program yang semuanya bertujuan untuk meng-onboarding-kan UMKM ke digital. Karenanya, ia optimistis pada tahun 2024 jumlahnya menjadi 30 juta.

Kalau para UMKM sudah memanfaatkan digital untuk bisnis, maka hasilnya akan signifikan terhadap penjualan UMKM itu sendiri.

Peran Vokasi Terhadap UMKM

Selain digitalisasi, kemampuan riset juga menjadi salah satu syarat UMKM untuk dapat berkembang dan berekspansi. Sayangnya, menurut Wientor, para UMKM ini sudah terlalu sibuk dengan produksi mereka sehingga tak sempat untuk riset.

“Karena itu, untuk membantu proses riset mereka, dibutuhkanlah pihak ketiga seperti dari vokasi atau akademisi,” ujar Wientor.

Apalagi, Jahja menambahkan, di saat pandemi ini banyak lulusan politeknik, SMK, dan universitas yang tidak tertampung. “Lebih baik mereka kembali ke daerah masing-masing dan menjadi motor UMKM di sana sehingga UMKM kita menjadi lebih tangguh dan memiliki manajerial yang lebih baik. Dan digitalisasi juga akan lebih cepat terjadi karena generasi muda ini yang akan membawa perubahan ke daerahnya masing-masing,” ujar Jahja.

Heddy Agah, Tim Riset Keilmuan Terapan Kemdikbudristek, mengatakan, pendidikan vokasi itu sangat membutuhkan tempat untuk pelatihan, dan mau tidak mau harus bekerja sama dengan UMKM serta pelaku industri skala besar atau kecil.

“Kami berusaha menyambungkan apa yang diberikan dunia vokasi dan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di industri,” ujar Heddy. “Politeknik mendapat pengalaman bagaimana UMKM bekerja, dan UMKM tahu bagaimana cara meningkatkan usaha mereka.”

Selain itu, Kemdikbudristek juga berusaha mengembangkan penelitian yang didasarkan pada kegiatan nyata di lapangan atau demand driven, salah satu contohnya adalah digitalisasi. Dengan demikian, antara vokasi dengan UMKM akan menjadi mitra yang mencari solusi bersama-sama.

Menjadikan UMKM Lebih Tangguh

Wientor mengatakan bahwa SMESCO dan KemenkopUKM akan menjalankan sejumlah program untuk membuat UMKM di Indonesia menjadi lebih tangguh.

Pertama adalah bagaimana caranya membuat mereka menjadi lebih formal, bisa berarti punya dokumen formalitas atau punya badan hukum. Pasalnya, mayoritas dari usaha mikro ini kebanyakan di sektor informal.

Kedua adalah memasukkan para UMKM ke rantai pasok industri yang lebih besar. Namun, kendalanya adalah industri besar umumnya memberikan persyaratan yang sama rata bagi usaha mikro, kecil, dan menengah sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi usaha mikro masuk ke rantai pasok industri besar.

Selain itu, Ekonom Universitas Indonesia Berly Martawardaya mengatakan bahwa tantangan lain yang dimiliki industri makanan adalah soal sertifikat BPOM. “Untuk produk-produk makanan, kalau tidak punya sertifikat BPOM tidak bisa masuk supermarket. Biarpun dikasih dana sebanyak apa pun tidak bisa masuk juga,” ujar Berly.

Yang ketiga adalah digitalisasi. “Kalau UMKM sudah on boarding digital, itu artinya UMKM bisa naik kelas,” ujar Wientor.

Yang berikutnya adalah mendorong sebanyak mungkin para UMKM atau individu yang terkena dampak pandemi untuk masuk ke sebuah skema ekosistem penjualan secara digital yang dibuat oleh SMESCO, yaitu SMESCO Indonesia Retail Network.

“Ini seperti platform dropshipping atau reseller yang 100 persen bisa dilakukan dari rumah. Semua bisa masuk ke situ karena SMESCO adalah layanan pemasaran. Tugas kami memang membuka akses pasar terhadap produk-produk UMKM,” ujar Wientor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×