kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,98   -4,21   -0.41%
  • EMAS930.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Penerimaan pajak membaik, Ditjen Pajak yakin shortfall pajak berkurang


Senin, 25 Oktober 2021 / 13:56 WIB
Penerimaan pajak membaik, Ditjen Pajak yakin shortfall pajak berkurang
ILUSTRASI. Dirjen Pajak Suryo Utomo optimistis, shortfall atau kekurangan penerimaan pajak tahun ini akan mengecil.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan melaporkan realisasi penerimaan pajak periode Januari hingga September 2021 mencapai Rp 850,1 triliun. Penerimaan pajak ini setara 69,1% dari target penerimaan pajak tahun ini Rp 1.229,59 triliun.

Dirjen Pajak Suryo Utomo mengatakan, saat ini tren penerimaan pajak sudah semakin menunjukkan arah perbaikan. Hal ini seiring dengan meningkatnya aktivitas ekonomi masyarakat.

“Kami juga akan terus mengoptimalkan penerimaan pajak agar target tercapai di akhir tahun,” kata Suryo dalam konferensi pers APBN KITA, Senin (25/10).

Suryo berharap sampai dengan akhir tahun 2021, penerimaan pajak bisa memenuhi target yang sudah ditetapkan. Tren pertumbuhan penerimaan pajak juga meningkat.

Baca Juga: Harga minyak bergejolak, berikut dampaknya terhadap APBN

Ia menyebutkan, penerimaan pajak periode Januari hingga Agustus 2021 baru tumbuh 9,5%, sedangkan periode Januari hingga September 2021 pertumbuhannya mencapai 13,2%.

Jika tren penerimaan pajak ini terus berlanjut, Suryo optimistis, shortfall atau kekurangan penerimaan pajak tahun ini akan mengecil. “Ekspektasi sampai dengan akhir tahun, shortfall-nya ya kami harapkan untuk berkurang secara signifikan,” imbuhnya.

Ke depannya, langkah-langkah yang akan dilakukan Direktorat Jenderal Pajak untuk mengoptimalkan penerimaan pajak yakni dengan mengoptimalkan kegiatan pengawasan pembayaran masa dan kegiatan pengawasan kepatuhan material atas wajib pajak strategis.

 

Selanjutnya: Penerimaan pajak neto mayoritas jenis pajak terus membaik pada September 2021

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×