kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.098.000   -17.000   -0,80%
  • USD/IDR 16.571   109,00   0,66%
  • IDX 8.008   -16,75   -0,21%
  • KOMPAS100 1.116   -7,41   -0,66%
  • LQ45 809   -5,92   -0,73%
  • ISSI 276   0,10   0,04%
  • IDX30 421   -3,05   -0,72%
  • IDXHIDIV20 483   -7,14   -1,46%
  • IDX80 123   -0,71   -0,57%
  • IDXV30 132   -1,87   -1,40%
  • IDXQ30 134   -2,10   -1,54%

Pendapatan Konsumen yang Dibelanjakan untuk Konsumsi Menurun pada November 2022


Kamis, 08 Desember 2022 / 17:19 WIB
Pendapatan Konsumen yang Dibelanjakan untuk Konsumsi Menurun pada November 2022
ILUSTRASI. Rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi menurun pada November 2022.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi atau average propensity to consume ratio menurun pada November 2022.

Bank Indonesia (BI) mencatat, average propensity to consume ratio pada bulan November 2022 sebesar 74,7% atau turun dari 75,0%.

Dari hasil Survei Konsumen BI, penurunan terpantau pada sebagian besar kategori pengeluaran, dengan terdalam pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 4,1 juta hingga Rp 5 juta per bulan.

Baca Juga: Keyakinan Konsumen Menurun Pada November 2022

Sementara itu, rata-rata proporsi pembayaran cicilan utang (debt to income ratio) tercatat 9,6% atau meningkat dari 9,2% pada bulan sebelumnya.

Sebaliknya, proporsi pendapatan konsumen yang disimpan (saving to income ratio) tercatat relatif stabil pada November 2022, yaitu sebesar 15,7%.

Penurunan porsi tabungan terhadap pendapatan terindikasi menurun pada sebagian besar kategori pengeluaran responden, kecuali pada responden dengan tingkat pengeluaran di atas Rp 4,1 juta per bulan.

Baca Juga: Optimisme Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini Menurun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Business Contract Drafting GenAI Use Cases and Technology Investment | Real-World Applications in Healthcare, FMCG, Retail, and Finance

[X]
×