kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Optimisme Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini Menurun


Kamis, 08 Desember 2022 / 16:48 WIB
Optimisme Konsumen Terhadap Kondisi Ekonomi Saat Ini Menurun


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau menurun. Ini terlihat dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) Saat Ini November 2022 yang sebesar 110,3 atau lebih rendah dari 112,3 pada Oktober 2022. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan, penurunan IKE Saat Ini didorong oleh penurunan seluruh komponen indeks pembentuknya. 

“Dengan penurunan terdalam pada Indeks Penghasilan Saat Ini yang turun sebesar 2,3 poin menjadi 116,4 pada November 2022,” tulis Erwin dalam laporan Survei Konsumen, Kamis (8/12). 

Baca Juga: Keyakinan Konsumen Menurun Pada November 2022

Erwin memerinci, persepsi konsumen terhadap penghasilan saat ini terpantau menurun pada hampir seluruh kategori pengeluaran, dengan penurunan terbesar pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta. 

Sedangkan berdasarkan kelompok usia, Indeks Penghasilan Saat Ini juga terindikasi menurun pada beberapa kategori usia responden, terutama pada kelompok responden berusia 31 tahun hingga 40 tahun. 

Seiring dengan melemahnya keyakinan konsumen terhadap penghasilan, keyakinan konsumen dalam melakukan pembelian barang tahan lama (durable goods) juga menurun dibandingkan bulan sebelumnya. 

Indeks Pembelian Barang Tahan Lama tercatat 104, atau turun 2,2 poin dari 107,1 pada bulan sebelumnya. 

Penurunan terjadi pada seluruh tingkat pengeluaran responden, terdalam pada responden dengan pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per bulan. 

Baca Juga: Stabilitas Jasa Keuangan Terjaga & Penguatan Kinerja Berlanjut Hingga Akhir Tahun

Indeksnya juga terpantau menurun pada hampir seluruh kategori usia responden, terutama pada responden dengan usia lebih dari 60 tahun. 

Lebih lanjut, optimisme responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini juga menurun 1,8 poin menjadi 109,5. 

Indeks tercatat menurun pada beberapa kategori pendidikan, terdalam pada responden dengan pendidikan sarjana. Sedangkan dari usia, terdalam pada kelompok usia lebih dari 60 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×