kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pemerintah beri stimulus untuk cegah dampak virus corona, begini kata ekonom BCA


Selasa, 25 Februari 2020 / 21:28 WIB
Pemerintah beri stimulus untuk cegah dampak virus corona, begini kata ekonom BCA
ILUSTRASI. Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual

Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan kucurkan insentif untuk memperkecil dampak negatif wabah virus corona terhadap perekonomian Indonesia. Tak tanggung-tanggung, pemerintah menyatakan akan menyalurkan stimulus fiskal sekitar Rp 10 triliun yang berasal dari APBN untuk perekonomian domestik.

Ekonom Bank BCA David Sumual mengapresiasi langkah pemerintah ini, apalagi beberapa stimulus yang diberikan bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat.

"Saya setuju dengan menjaga daya beli masyarakat menengah ke bawah lewat insentif kartu sembako. Ini untuk menjaga konsumsi. Apalagi, proporsi sektor konsumsi pada pertumbuhan ekonomi paling besar. Ini harus dipercepat pencairannya," katanya kepada Kontan.co.id, Selasa (25/2).

Baca Juga: Gelontorkan stimulus, pemerintah berharap geliat ekonomi tetap kuat

Selain itu, David juga setuju dengan stimulus yang diberikan pemerintah lewat sektor pariwisata. Menurutnya, langkah ini tepat karena bisa memikat wisatawan mancanegara (wisman) juga wisatawan domestik.

Akan tetapi, David mengingatkan hal penting lain yang perlu dilakukan pemerintah adalah dengan melakukan meyakinkan global bahwa Indonesia tegas dalam mengambil tindakan terkait dengan virus corona ini, sehingga Indonesia masih bebas dari corona.

"Kita memberitahukan ke wisman kalau kita ada tindakan preventif dengan screening di bandara-bandara dan juga jelaskan bahwa kita membatasi kontak dengan negara yang terinfeksi corona, yaitu China. Ini disebarluaskan kampanyenya," tambah David.

Menurut David, langkah tersebut menjadi langkah pelengkap bagi insentif yang diberikan oleh pemerintah dalam hal pariwisata. 

Baca Juga: Pemerintah tambah Rp 1,5 triliun untuk stimulus perumahan

Menurutnya, bila insentif tetap diberikan tetapi tanpa meyakinkan global bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang aman dari virus corona, maka insentif ini tentu saja tidak akan maksimal.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×