kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Minggu, pemerintah gelar sidang penetapan Ramadan


Selasa, 31 Mei 2016 / 10:47 WIB
Minggu, pemerintah gelar sidang penetapan Ramadan

Berita Terkait

Reporter: Agus Triyono | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Agama menyatakan, mereka akan menggelar sidang Itsbat atau penetapan awal Ramadan 2016 pada Minggu (5/6) mendatang.

Menteri Agama Lukman Hakim S mengatakan, rencananya sidang akan digelar secara tertutup. Ketertutupan sidang dilakukan karena pemerintah khawatir perdebatan para ahli dalam sidang Itsbat nantinya justru menimbulkan salah paham di kalangan masyarakat.

“Jadi, biarkan suasana perdebatan menjadi panggung tersendiri.  Perdebatan dalam itsbat awal ramadan bukan konsumsi publik. Perdebatan para ahli, kalau dikonsumsi masyarakat umum khawatir justru berpotensi memunculkan salah faham,” kata Lukman seperti dikutip KONTAN dari laman setkab.go.id, Selasa (31/5).

Lukman mengatakan, selain dari unsur pemerintah, sidang rencananya akan dihadiri perwakilan ormas Islam di seluruh Indonesia dan duta besar negara sahabat.

Proses sidang akan dimulai pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Badan Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1437H.

Adapun proses sidang itsbatnya, dijadwalkan berlangsung selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan di seluruh Indonesia.


Tag


TERBARU

Close [X]
×