kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ma'ruf Amin: Keberadaan MA dalam sengketa ekonomi syariah harus diperkuat


Rabu, 26 Agustus 2020 / 12:18 WIB
Ma'ruf Amin: Keberadaan MA dalam sengketa ekonomi syariah harus diperkuat
ILUSTRASI. Wapres Maruf Amin


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar keberadaan Mahkamah Agung (MA) melalui peradilan agama diperkuat khususnya dalam menangani sengketa ekonomi syariah.

Menurut dia, penguatan ini penting mengingat MA merupakan pelaksana kekuasaan kehakiman yang diberi kewenangan oleh peraturan perundang-undangan untuk menyelesaikan sengketa ekonomi syariah secara litigasi.

"Untuk itu, keberadaannya harus diperkuat lagi, di antaranya dengan meningkatkan kapasitas dan profesionalisme hakim dalam memeriksa dan mengadili perkara ekonomi syariah," terang Ma'ruf saat memberi sambutan dalam Seminar Nasional Mahkamah Agung dengan Tema Penguatan dan Penegakan Hukum Ekonomi Syariah yang berkeadilan di Indonesia, Rabu (26/8).

Baca Juga: Ma'ruf Amin sebut pembangunan nasional sebelum pandemi membanggakan

Lebih lanjut Ma'ruf bilang, hal ini juga bertujuan agar putusan yang ditetapkan bisa memenuhi rasa keadilan, kepastian dan kemanfaatan bagi berbagai pihak.

Dia mengatakan, melalui upaya tersebut maka kepercayaan masyarakat pelaku bisnis syariah kepada lembaga peradilan dapat meningkat, iklim kemudahan berusaha bidang ekonomi syariah di Indonesia terus meningkat dan diharapkan hal ini dapat mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

Ma'ruf pun menilai, penguatan kelembagaan dan kewenangan badan peradilan agama dalam mengadili sengketa ekonomi syariah menjadi salah satu agenda prioritas.

"Hal-hal terkait hukum materiil, berupa peraturan perundang-undangan yang mendukung optimalisasi penyelesaian sengketa syariah juga perlu terus disempurnakan dan ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya," pungkas Ma'ruf.

Baca Juga: Upacara HUT ke-75 RI, Wapres Ma'ruf Amin kenakan baju adat melayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×