kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,24   -1,13   -0.12%
  • EMAS924.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Kudu tahu! Rupanya, penggunaan masker seperti ini keliru menurut Satgas Covid-19


Jumat, 19 Februari 2021 / 08:59 WIB
Kudu tahu! Rupanya, penggunaan masker seperti ini keliru menurut Satgas Covid-19
ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito meminta masyarakat memahami hal tersebut agar penggunaan masker efektif mencegah penularan virus corona.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada sejumlah hal yang tak disarankan atau keliru dalam penggunaan masker. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat memahami hal tersebut agar penggunaan masker efektif mencegah penularan virus corona. 

"Penggunaan masker yang benar sangat penting untuk meningkatkan efektivitas masker dalam mencegah penularan Covid-19," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2/2021). 

Wiku menyebut, setidaknya ada 3 jenis masker yang bisa digunakan yakni masker medis, masker kain, dan masker KN95. Ia menyarankan supaya masyarakat tak menggunakan masker yang memiliki katup udara. Sebab, keberadaan katup pada masker bisa menjadi celah masuknya virus. 

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk tidak menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Menggabungkan 2 masker medis, kata Wiku, tak dapat meningkatkan filtrasi virus. 

Baca Juga: Satgas Covid-19 sarankan penggunaan masker medis berlapis masker kain

Wiku pun mengingatkan masyarakat tak melapisi masker KN95 dengan masker lainnya. Masker jenis ini cukup digunakan secara tunggal. Untuk meningkatkan filtrasi virus, ia menyarankan penggunaan masker medis berlapis masker kain. 

"Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di laboratorium menemukan bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang jauh lebih baik bagi pemakaiannya dan orang lain dibandingkan dengan hanya memakai masker kain saja atau masker medis saja," ujar Wiku. 

Baca Juga: Per Kamis (18/2): Kasus Corona RI tembus 1.252.685, pakai selalu masker

Untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan, disarankan memilih masker yang memiliki kawat pada bagian hidung.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis Sukses Memimpin: Tetap Produktif Di Tengah Pandemi

[X]
×