kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,59   4,99   0.50%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satgas Covid-19 sarankan penggunaan masker medis berlapis masker kain


Jumat, 19 Februari 2021 / 07:27 WIB
Satgas Covid-19 sarankan penggunaan masker medis berlapis masker kain
ILUSTRASI. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito.


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat untuk menggunakan masker secara benar demi mencegah penularan virus corona. 

Ia menyarankan agar masyarakat menggunakan masker medis berlapis masker kain. Mengacu pada hasil penelitian Centers for Disease Control di Amerika, penggunaan kedua masker tersebut lebih efektif dalam mencegah virus. 

"Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di laboratorium menemukan bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang jauh lebih baik bagi pemakaiannya dan orang lain dibandingkan dengan hanya memakai masker kain saja atau masker medis saja," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/2). 

Selain masker kain dan masker medis, masyarakat dapat menggunakan masker KN95. Untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan, disarankan memilih masker yang memiliki kawat pada bagian hidung. 

Dengan demikian, masker dapat menyesuaikan bentuk hidung dan mencegah celah masuknya virus. Selain itu, masyarakat dapat menggunakan penyangga agar masker bisa dipakai sempurna dan sesuai dengan bentuk wajah.   

Ia menyarankan untuk memilih penyangga masker yang elastis supaya nyaman digunakan tetapi tetap tertutup. 

Baca Juga: Per Kamis (18/2): Kasus Corona RI tembus 1.252.685, pakai selalu masker

"Mengikat karet telinga dan melipat sisa masker dapat dilakukan jika ukurannya masker lebih besar dari wajah kita sehingga masker rapat dan menutupi hidung dan mulut dengan sempurna," ujar Wiku. 

Wiku pun meminta masyarakat tak menggunakan masker yang memiliki katup udara. Sebab, keberadaan katup pada masker menjadi celah masuknya virus. 

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk tidak menggunakan 2 masker medis secara bersamaan. Sebab, menggabungkan 2 masker medis tak dapat meningkatkan filtrasi virus. 

Wiku pun mengingatkan masyarakat tak melapisi masker KN95 dengan masker lainnya. Masker jenis ini cukup digunakan secara tunggal. "Memakai masker dengan benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," kata dia.  

Menurut Wiku, selain dengan cara yang benar, masker harus digunakan secara konsisten. 

Penggunaan masker hendaknya dilakukan di tempat umum, ketika bertemu dengan orang yang tidak tinggal serumah, di dalam rumah, maupun saat merawat pasien Covid-19. 

"Dengan kepatuhan memakai masker yang semakin meningkat harapannya dapat menurunkan angka penularan di masyarakat sehingga kasus positif Covid-19 dapat segera turun hingga tidak ada sama sekali," pungkas Wiku. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Satgas Sarankan Penggunaan Masker Medis Berlapis Masker Kain".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×