kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPAI minta polisi usut penggerak di balik mobilisasi pelajar ke DPR


Kamis, 26 September 2019 / 19:49 WIB
KPAI minta polisi usut penggerak di balik mobilisasi pelajar ke DPR
ILUSTRASI. Aksi unjukrasa Para Pelajar Sejabodetabek di DPR


Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati menyebut, para pelajar yang terlibat bentrok dengan aparat di sekitar Gedung DPR/MPR RI, Rabu (25/9), digerakkan oleh seruan di media sosial. 

"Seruan medsos itu ternyata banyak mengerakkan anak SMK, dan ternyata KPAI juga mengungkap tidak hanya anak SMK, tapi ada juga anak usia SMP yang terlibat dalam aksi demonstrasi ini," ujar Rita di kantornya, bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/9). 

Baca Juga: Jokowi berjanji akan temui mahasiswa pendemo esok hari

KPAI pun curiga ada pihak tidak bertanggung jawab yang sengaja menyebarkan seruan tersebut di media sosial sehingga disambut para pelajar. 

Rita mendorong polisi menginvestigasi siapa pihak tersebut. Ia menilai, apabila benar ada pihak yang menjadi otak menggerakkan pelajar, maka hal itu dapat disebut eksploitasi anak. 

"KPAI meminta Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) dan cyber crime Mabes Polri untuk melacak undangan aksi pelajar ke DPR. Pihak penyebar harus dimintai pertanggungjawaban atas perbuatannya sesuai peraturan perundangan yang berlaku," ujar Rita. 

"KPAI juga mendorong polisi melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait dugaan adanya pihak-pihak yang sengaja memanfaatkan anak dan memobilisasi anak dalam aksi unjuk rasa tersebut karena kepentingan tertentu," lanjut dia. 

Baca Juga: Satu mahasiswa UHO Kendari tewas saat demo di DPRD Sulawesi Tenggara

Diberitakan, sejumlah pelajar asal Jakarta dan sekitarnya melakukan aksi demonstrasi di sekitar Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9). 

Demonstrasi itu berlangsung sejak Rabu siang, dan berujung ricuh karena adanya bentrokan dengan aparat keamanan. 

Massa yang sebagian menggunakan seragam OSIS dan pramuka tersebut tak hanya menyanyikan yel-yel, tetapi juga menaiki pagar, memblokade jalan, hingga melempar batu ke arah aparat. (Fitria Chusna Farisa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPAI Minta Polisi Usut Penggerak di Balik Mobilisasi Pelajar ke DPR"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×