kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Kominfo: Jaringan 4G Akan Gantikan 3G Sebagai Tulang Punggung Jaringan Telekomunikasi


Jumat, 05 Agustus 2022 / 17:39 WIB
Kominfo: Jaringan 4G Akan Gantikan 3G Sebagai Tulang Punggung Jaringan Telekomunikasi
ILUSTRASI. Kominfo sebut jaringan 4G akan gantikan 3G sebagai tulang punggung jaringan telekomunikasi di Indonesia.. KONTAN/Fransiskus Simbolon/12/05/2019


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan jaringan 4G akan menggantikan 3G sebagai tulang punggung jaringan telekomunikasi yang ada di Indonesia.

Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan saat ini Indonesia sendiri sudah memiliki empat jaringan di antaranya yaitu 2G, 3G, 4G dan 5G.

Namun dikatakan oleh Johnny karena 3G dan 4G memiliki kapasitas fungsi yang serupa, maka 3G akan secara perlahan dihentikan dan akan digantikan oleh 4G.

Baca Juga: Kominfo Jajaki Kerja Sama Bersama Hungaria pada Sektor Teknologi Digital

“Karena kita sudah membangun 4G yang bekerja lebih cepat dan besar kapasitasnya dibandingkan dengan 3G, maka 3G akan secara perlahan tidak kita pakai dan 4G akan jadi tulang punggung jaringan telekomunikasi kita,” terang Menkominfo Johnny pada Media di Gedung Kominfo Jakarta Pusat, Jum’at (8/5).

Sementara untuk jaringan 2G akan tetap dipertahankan, mengingat jaringan ini masih massif digunakan oleh beberapa masyarakat Indonesia.

Namun dia menjelaskan, karena perkembangan jaringan teknologi sangat cepat. Pihaknya tidak akan terhenti dan fokus pada 4G saja. Oleh karena saat ini kominfo tengah mengembangkan pembangunan jaringan 5G di Indonesia.

Baca Juga: Kementerian Kominfo Blokir 12.300 Konten Judi Online Per Bulan

Pihaknya juga telah memberikan lisensi kepada 3 operator nasional di Indonesia untuk mengembangkan jaringan 5G.

Tak hanya itu, dia juga menyebut Hongaria tertarik untuk mengambil bagian dalam membangun infrastruktur 5G.

“Tentu kita menyambut baik kerjasamanya, tinggal nanti teknologi seperti apa atau produk nya seperti apa yang akan dikerjakan. Karena tidak semua kerjasama dikerjakan langsung bisa saja hubungannya tidak langsung melalui vendor item,” terang Menkomifo Johnny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×