kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemenperin Dorong Produsen Percepat Penyaluran Migor Curah Bersubsidi


Kamis, 07 April 2022 / 19:51 WIB
Kemenperin Dorong Produsen Percepat Penyaluran Migor Curah Bersubsidi
ILUSTRASI. Sejumlah warga antre untuk membeli minyak goreng curah. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengakui masih adanya kekurangan pasokan minyak goreng (migor) curah subsidi di beberapa daerah.

Hal ini disebabkan ada beberapa produsen minyak goreng curah yang terdaftar di Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) belum juga mendistribusikannya.

"Kami dalam waktu dekat akan memberi peringatan pada pabrik minyak goreng yang belum kunjung mendistribusikan minyak goreng curah subsidinya," kata Juru Bicara Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Febri Hendri Antoni kepada Kontan.co.id, Kamis (7/4).

Baca Juga: Jangan Lewatkan! BLT Minyak Goreng Akan Cair Minggu Ini

Febri menyebut untuk distribusi di beberapa daerah emang masih ditemui masalah. Adapun kendala tersebut ialah distributor minyak goreng curah mengalami perubahan pola bisnis sejak akhir tahun 2021, karena kebijakan pelarangan penjualan minyak curah.

"Sehingga banyak infrastruktur distributor minyak curah seperti truk tangki, drum, jeriken, ini berkurang, berubah atau tidak ada sama sekali. Nah, sejak ada program subsidi minyak goreng curah maka kami harus membangun kembali distributor dan mendorong infrastruktur pendistribusiannya," jelasnya.

Baca Juga: Dugaan Kartel Minyak Goreng Dilaporkan ke KPPU

Untuk mempercepat distribusi dari produsen ke distributor, Febri mengatakan rencananya akan digelar sidak untuk melihat langsung proses penyaluran di pabrik minyak goreng. Saat ini sudah ada 75 Produsen Minyak Goreng dan 294 distributor D1 yang telah mendaftar di SIINas.

Febri menegaskan, pihaknya terus berupaya mempercepat aliran minyak goreng curah subsidi dari produsen ke distributor. Hingga pada akhirnya dapat memenuhi kebutuhan di tiap daerah.

"Kami terus berupaya untuk menekan produsen minyak goreng curah bersubsidi terutama yang belum menyalurkan barangnya ke publik dan membangun distribusi dan infrastrukturnya agar pasokan minyak goreng curah subsidi tersedia di pasar dengan harga sesuai HET," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×