kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,59   -2,65   -0.28%
  • EMAS915.000 -0,97%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.26%

Kemenkes berharap WNI di luar negeri mendapat vaksin Covid-19 dari negara setempat


Minggu, 24 Januari 2021 / 22:30 WIB
Kemenkes berharap WNI di luar negeri mendapat vaksin Covid-19 dari negara setempat

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksinasi Covid-19 mulai digelar di berbagai negara, termasuk Indonesia. Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, warga negara Indonesia (WNI) yang beradadi luar negeri dapat melakukan vaksinasi di negara domisili. 

Menurutnya, sudah menjadi perjanjian bersama bahwa suatu negara akan memberikan vaksinasi kepada penduduk yang tinggal di negaranya, meskipun bukan berstatus sebagai warga negara tersebut. 

"Dari perjanjian International Health Regulations itu sudah dikatakan bahwa pemberian vaksinasi pada suatu daerah yang mengalami pandemi atau wabah itu menjadi bagian dari kebijakan dari negara tersebut," kata Nadia, dalam sebuah diskusi daring yang diselenggarakan Ikatan Alumni Universitas Leiden di Indonesia, Minggu (24/1/2021).  

Nadia mengatakan, hampir seluruh negara di dunia mengalami pandemi Covid-19. Namun, tidak menutup kemungkinan mutasi virus yang ada di setiap negara berbeda-beda. Oleh karenanya, vaksinasi virus corona bagi penduduk menjadi bagian yang tak terpisahkan dari suatu negara, tanpa memandang status kewarganegaraan penduduk itu. 

"Jadi tentunya kami mengharapkan WNI di luar negeri ini bisa mendapatkan vaksinasi dari tentunya pemerintah negara setempat," ujar Nadia.

Baca Juga: Anggota DPR dorong pemerintah fokus pelaksanaan vaksin gratis

Meski demikian, Nadia mengatakan, seandainya vaksinasi terhadap WNI yang berdomisili di luar negeri mengalami kendala, Pemerintah Indonesia akan tetap bertanggung jawab. WNI yang tinggal di luar negeri pun diminta melapor ke Kementerian Luar Negeri atau kedutaan besar RI di negara setempat seandainya mengalami kesulitan dalam vaskinasi. 

Nadia berharap, vaksinasi terhadap seluruh masyarakat Indonesia, termasuk yang berada di luar negeri, dapat berlangsung dengan baik. "Kebijakan-kebijakan dan diskusi yang lebih detail lagi dipimpin oleh Kemenlu terkait vaksinasi bagi WNI di luar negeri. Ini yang sebenaranya sedang kita koordinasikan lebih lanjut," kata dia. 

Adapun vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah dimulai sejak 13 Januari 2021. Vaksin pertama disuntikkan ke Presiden Joko Widodo. Bersamaan dengan Jokowi, ada sejumlah pejabat, tokoh agama, hingga sejumlah kalangan lainnya yang divaksin. Saat ini, vaksinasi terus dilanjutkan ke berbagai daerah di Indonesia dengan memprioritaskan kalangan tenaga kesehatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes Berharap WNI di Luar Negeri Mendapat Vaksin Covid-19 dari Pemerintah Setempat"

Selanjutnya: Penjelasan Kemenkes pentingnya vaksin Covid-19 untuk kurangi keparahan

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Peningkatan Produktifitas Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis

[X]
×