kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keinginan Berbelanja Masyarakat Naik, Terutama di Kelas Menengah dan Kelas Atas


Rabu, 21 September 2022 / 17:57 WIB
Keinginan Berbelanja Masyarakat Naik, Terutama di Kelas Menengah dan Kelas Atas
ILUSTRASI. keinginan konsumen untuk berbelanja meningkat pada Agustus 2022


Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei Danareksa Research Institute (DRI) menunjukkan, keinginan konsumen untuk berbelanja meningkat pada Agustus 2022. Kepala Ekonom DRI Rima Prama Artha mengatakan, ini terlihat dari indeks keinginan membeli (buying intention index) Agustus 2022 yang naik 2,5% mom.

"Keinginan berbelanja konsumen yang meningkat nampak pada rencana pembelian terkait perlengkapan rumah serta emas perhiasan," tulis Rima dalam laporan Survei Konsumen DRI, Rabu (21/9).

Namun, bila melihat dari kelompok masyarakat, peningkatan keinginan berbelanja hanya nampak pada kelompok masyarakat berpendapatan tinggi atau lebih dari Rp 3 juta per bulan dan kelompok masyarakat berpenghasilan menengah atau di kisaran Rp 1,5 juta per bulan hingga Rp 3 juta per bulan.

Terpantau, indeks keinginan belanja di masyarakat kelas atas naik dari 42,50 menjadi 48,09 pada Agustus 2022. Sedangkan indeks keinginan belanja masyarakat kelas menengah naik dari 28,61 menjadi 31,56.

Baca Juga: Dua Sektor Ini Masih Akan Jadi Penopang Penerimaan PPN Tahun Depan

Untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau di bawah Rp 1,5 juta per bulan, indeks keinginan berbelanja turun dari 25,00 pada Juli 2022 menjadi 21,77 pada Agustus 2022.

"Ini menunjukkan masyarakat masih sangat hati-hati dalam membelanjakan uang-nya di tengah ketidakpastian ekonomi yang masih ada," tandas Rima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×