kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi minta pelaksanaan reformasi struktural saat HUT Korpri


Minggu, 29 November 2020 / 14:25 WIB
Jokowi minta pelaksanaan reformasi struktural saat HUT Korpri
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo, Minggu (22/11), kembali menghadiri rangkaian KTT G20 tahun 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo meminta reformasi struktural birokrasi di Indonesia dilakukan segera. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Jokowi menegaskan birokrasi yang berbelit harus segera dipangkas.

"Reformasi struktural sudah tidak bisa ditunda-tunda lagi. Regulasi yang rumit dan menghambat kreativitas kerja harus dipangkas dan disederhanakan. Kelembagaan pemerintahan yang gemuk, tumpang tindih, dan tidak efisien harus segera diintegrasikan," ujar Jokowi saat memberikan sambutan melalui tayangan video, Minggu (29/11).

Jokowi menyebut jenjang eselonisasi yang panjang harus dapat dipangkas. Sehingga nantinya dapat mempercepat pengambilan keputusan.

Baca Juga: Sempat terganggu pandemi, Winland Development mulai serahterimakan Gardenia Cileungsi

Standar operasi yang panjang dan kaku harus dapat diringkas dan lebih fleksibel serta berorientasi pada hasil. Konsekuensinya, kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN) harus menyesuaikan.

Selain itu, Kepala Negara melanjutkan, ASN juga harus tetap menjalankan tugas kebangsaan. Keberadaan ASN di seluruh wilayah Indonesia sampai ke pelosok perbatasan negara dan pelosok desa merupakan simpul pemersatu bangsa yang selalu mengamankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, setia menjaga dan tunduk pada Negara Kesatuan Republik Indonesia, terus menjaga nilai-nilai bhinneka tunggal ika, serta menjaga nilai-nilai toleransi dan kerukunan.

"Keberadaan ASN di seluruh wilayah Indonesia juga harus bekerja untuk memotori pembangunan di seluruh pelosok Indonesia, menyampaikan prioritas program pembangunan nasional kepada masyarakat, aktif dalam pendidikan masyarakat, memberikan teladan dalam kehidupan bermasyarakat, serta menjadi motor pembangunan dan perubahan, terutama untuk masyarakat di daerah-daerah pinggiran dan terpencil," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengajak seluruh anggota Korpri untuk menjadi bagian penting dari proses perubahan besar-besaran yang sedang pemerintah jalankan. Serta memberikan warisan berharga dalam sejarah perjalanan bangsa untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Maju.

Selanjutnya: Jokowi tetapkan Pilkada 9 Desember 2020 jadi hari libur nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×