kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS946.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Jokowi menyiapkan posisi wakil menteri Ketenagakerjaan dan wakil menteri Koperasi UKM


Minggu, 04 Oktober 2020 / 13:24 WIB
Jokowi menyiapkan posisi wakil menteri Ketenagakerjaan dan wakil menteri Koperasi UKM
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menyiapkan posisi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) dan Wakil Menteri Koperasi dan UKM.

Hal itu tercantum dalam dua Persturan Presiden (Perpres) yang telah diteken oleh Jokowi. Antara lain adalah Perpres 95 tahun 2020 tentang Kementerian Ketenagakerjaan serta Perpres nomor 96 tahun 2020 tentang Kementerian Koperasi dan UKM.

"Dalam memimpin Kementerian Ketenagakerjaan, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden," tulis pasal 2 ayat 1 Perpres 95/2020.

Hal serupa juga tertulis dalam Perpres pasal 2 ayat 1 Perpres 96/2020. Bahwa dalam memimpin Kementerian Koperasi dan UKM, Menteri dibantu oleh Wakil Menteri sesuai dengan penunjukan Presiden.

Jabatan wakil menteri akan diangkat dan diberhentikan oleh presiden. Nantinya wakil menteri yang bertugas dalam perumusan dan/atau pelaksanaan kebijakan tersebut akan bertanggung jawab kepada menteri.

Baca Juga: Presiden Jokowi bakal angkat dua wakil menteri baru, di pos mana saja?

Dengan disiapkannya posisi tersebut, akan menambah jajaran pejabat dalam Kabinet Indonesia Maju. Sebelumnya sejumlah kementerian telah memiliki wakil menteri.

Antara lain adalah Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian ATR/BPN, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Kementerian BUMN yang memiliki dua orang wakil menteri.

Sementara itu ada pula Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memiliki aturan posisi wakil menteri namun belum ada penunjukkan hingga saat ini. Selain di kementerian, posisi wakil juga disiapkan Jokowi untuk Kepala Staf Presiden dan Panglima TNI.

Selanjutnya: Jokowi: Tidak perlu sok-sokan me-lockdown provinsi

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Excel Master Class: Data Analysis & Visualisation Supply Chain Planner Development Program

[X]
×