kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Jokowi lantik Dedy Ermansyah menjadi Wakil Gubernur Bengkulu


Rabu, 25 September 2019 / 11:52 WIB

Jokowi lantik Dedy Ermansyah menjadi Wakil Gubernur Bengkulu
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo melantik Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Dedy Ermansyah sisa masa jabatan 2016-2021.

Dedy mengisi posisi Wagub yang telah kosong. Dedy akan menggantikan posisi Rohidin Mersyah, yang sebelumnya diangkat menjadi Gubernur Bengkulu.

Rohidin diangkat sebagai Gubernur dari posisinya sebagai Wagub pasca Gubernur sebelumnya Ridwan Mukti dicokok KPK Mei 2017. Sementara Dedy sebelumnya merupakan anggota DPRD Provinsi Bengkulu.

Keputusan pengangkatan Dedy melalui Keputusan Presiden (Keppres) nomor 94/P tahun 2019. Berdasarkan Keppres tersebut Dedy akan menerima gaji pokok dan tunjangan kepala daerah sesuai Undang Undang (UU).

Baca Juga: Jokowi lantik gubernur dan wakil gubernur Lampung

Setelah pembacaan Keppres, Rusli melakukan pengambilan sumpah. "Saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," ujar Dedy.

Pengambilan sumpah jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Jokowi. Setelah pengambilan sumpah, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Politisi Parta Nasdem itu terpilih melalui voting yang dilakukan oleh anggota DPRD Bengkulu. Dedy meraih 33 suara unggul dari pesaingnya Muslihan DS yang mendapat 11 suara.

Baca Juga: Presiden Jokowi resmi lantik Khofifah-Emil dan Fachrori Umar

Sejumlah pejabat negara hadir dalam pelantikan antara lain, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, serta Wakil Ketua MPR Mahyudin.


Reporter: Abdul Basith
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×