kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investasi tumbuh melambat terpicu penurunan investasi di real estate


Senin, 06 Agustus 2018 / 14:44 WIB
Investasi tumbuh melambat terpicu penurunan investasi di real estate
ILUSTRASI. Kepala BPS Suhariyanto


Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, laju pertumbuhan investasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) mencapai 5,87% di kuartal II 2018. Meski tetap tumbuh dari periode sama tahun lalu yakni 5,34%, pertumbuhan PMTB tersebut melambat dari kuartal I-2018 yang sebesar 7,95%.

Kepala BPS Suhariyanto menyebut, pelemahan dibanding kuartal I ini adalah lantaran sektor real estate yang mencatatkan penurunan kinerja. “Sekarang mungkin real estate orang gak terlalu (minat), tapi saya kurang tahu juga apa penyebabnya,” kata Suhariyanto di Gedung BPS, Senin (6/8).

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Sri Soelistyowati menjelaskan, penurunan di sektor real estate ini bukan dalam sektor perumahan. Melainkan di sektor nonperumahan, seperti gedung perkantoran dan mal.

“Beda dengan perumahan. Real estate ini bangunan non-tempat tinggal seperti kantor, mal. Turunnya cukup dalam,” kata dia di lokasi yang sama. Namun Sri tak menyebut berapa penurunan tersebut.

Output-nya ini masuk di PMTB. Mungkin permintaan tidak banyak. Mungkin orang yang dulu berkantor, sekarang tak di kantor. Kami belum lakukan pendalaman soal ini,” imbuh Sri.

Pertumbuhan investasi atau PMTB didorong oleh hampir seluruh jenis barang modal kecuali produk kekayaan intelektual, seperti software dan film yang tumbuh  minus 12,82. Meski demikian, terjadi pertumbuhan barang modal jenis mesin yang dipengaruhi oleh meningkatnya produksi domestik dan impor.

Selain itu, pembangunan infrastruktur yang berlangsung di beberapa daerah, baik pembangunan baru maupun lanjutan pembangunan periode sebelumnya juga menyebabkan PMTB tumbuh secara tahunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×