CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,93   13,36   1.33%
  • EMAS987.000 0,30%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Tanda Pandemi Covid-19 akan Berakhir Versi Wakil Sri Mulyani


Selasa, 25 Januari 2022 / 11:27 WIB
Ini Tanda Pandemi Covid-19 akan Berakhir Versi Wakil Sri Mulyani
ILUSTRASI. Sejumlah pedagang melayani pembeli di Pasar Malaka, Rorotan, Jakarta, Senin (3/1/2022).


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menunjukkan tanda pandemi Covid-19 akan berakhir. Menurutnya, salah satu tanda krisis ekonomi ini akan berakhir adalah munculnya peningkatan inflasi.

Suahasil mengatakan, peningkatan inflasi ini didorong oleh konsumsi yang tertahan selama pandemi. Begitu pandemi usai, maka konsumsi akan mulai bergerak.

“Tanda pandemi mau berakhir, yaitu ada peningkatan inflasi. Kenapa? Karena selama pandemi orang tidak belanja. Begitu pandemi mau selesai, orang mulai keliling untuk belanja,” kata Suahasil, Selasa (25/1) via video conference.

Nah, kemudian, yang menyebabkan inflasi makin meningkat adalah, peningkatan permintaan ini kemudian tak bisa disambut oleh peningkatan produksi.

Suahasil bilang, semua kapasitas produksi belum tentu bisa kembali ke level pra pandemi Covid-19. Apalagi kecepatan pemulihan tiap sektor pasti berbeda. Di sinilah kemudian muncul disrupsi sisi suplai.

Baca Juga: Jadi Pusat Penyebaran Omicron, Jakarta Berpotensi Masuk PPKM Level 3

“Ini jadi lebih rumit lagi. Tentu ada delay, padahal yang minta barang sudah muncul. Kecepatan tiap sektor untuk pulih berproduksi tidak sama,” tambah Suahasil.

Namun, Suahasil menyebut biasanya produksi untuk sektor konsumsi pulih lebih cepat. Apalagi konsumsi merupakan kegiatan yang sangat erat dengan kegiatan sehari-hari. Barulah, produksi di bidang yang masih lambat pemulihannya seperti pariwisata ikut lebih lambat.

Suahasil pun mengatakan Kementerian Keuangan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait seperti Bank Indonesia (BI) akan terus bekerja untuk memulihkan sektor-sektor perekonomian agar nantinya peningkatan inflasi tidak meroket.

Pasalnya, peningkatan inflasi yang signifikan juga kemudian mengganggu prospek pemulihan ekonomi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMODP)

[X]
×