kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ini dia mekanisme pengelolaan dana oleh BPDLH


Selasa, 08 Oktober 2019 / 09:52 WIB
 Ini dia mekanisme pengelolaan dana oleh BPDLH
ILUSTRASI. Gedung Kementerian Keungan Indonesia

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membentuk organisasi Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH). Organisasi non-Eselon ini nantinya akan mengelola dana yang akan digunakan untuk program terkait lingkungan hidup.

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Andin Hadiyanto, terdapat berbagai macam program yang terkait dengan sektor lingkungan hidup, dan tersebar di beberapa kementerian dan lembaga (K/L).

Masing-masing program tersebut memiliki mekanisme pendanaan yang berbeda dengan sumber pendanaan yang bisa dana APBN maupun dari dana non APBN atau hibah.

Baca Juga: BPDLH adaa di bawah Kemenkeu, ini penjelasan Dirjen Perbendaharaan

Program yang mendapat dana dari APBN, pendanaannya diinisiasi melalui masing-masing K/L. BPDLH ini yang nantinya berperan untuk mengelola pendanaan ini bersama dengan K/L yang menyelenggarakan program.

Sementara ada program yang mendapat dana dari non APBN atau dari hibah. Peran BPDLH di sini adalah menampung dana dari lembaga donor tersebut sehingga menciptakan skema baru yang lebih fleksibel.

"Ini merupakan keuntungan BPDLH karena tidak memiliki fleksibelitas, juga tidak dipenuhi oleh satuan kerja biasa, sehingga bisa menampung dana sementara untuk program terkait perbaikan lingkungan hidup," ujar Andin kepada Kontan.co.id, Senin (7/10).

Baca Juga: Aturan Badan Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup masuk tahap finalisasi

Andin lalu menambahkan, untuk sementara, BPDLH masih melakukan pendanaan yang terakomodir terkait pemberian dana bergulir kepada masyarakat.

Pendanaan ini melalui dana reboisasi dan juga dana pendanaan program perubahan iklim yang berasal dari negara donor (hibah).



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×