kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini cerita Lutfi saat ditunjuk jadi Menteri Perdagangan


Rabu, 23 Desember 2020 / 13:20 WIB
Ini cerita Lutfi saat ditunjuk jadi Menteri Perdagangan
ILUSTRASI. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/mes/wsj.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo telah melantik Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Lutfi menggantikan Agus Suparmanto sebagai Menteri Perdagangan. Sebelumnya Lutfi datang ke Jakarta dalam rangka menjalankan tugas sebagai Duta Besar.

"Saya sebagai dubes RI di AS sedang melaksanakan tugas kembali ke Jakarta dan sempat melaporkan ke presiden pada hari Kamis," ujar Lutfi usai dilantik di Istana Negara, Rabu (23/12).

Saat bertemu presiden untuk memberikan laporan, Lutfi bilang belum ada pembicaraan mengenai posisi sebagai Mendag. Namun, setelahnya Lutfi diminta untuk menunda keberangkatan kembali ke AS.

Lutfi mendapatkan kabar pada hari Jumat akan mendapatkan jabatan di Kabinet Indonesia Maju. Baru pada Selasa (22/12) Lutfi diperkenalkan bersama menteri baru lainnya.

Baca Juga: Ini fokus Muhammad Lutfi setelah dilantik menjadi Mendag

"Hari Jumat saya diinfo Bapak Presiden akan memberi kepercayaan untuk memimpin Kementerian Perdagangan dan hari Selasa dipanggil ke Istana," terang Lutfi.

Selain Lutfi, Jokowi juga mengangkat lima orang lain untuk menjabat dalam jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk untuk mengisi posisi kosong sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Sama dengan Trenggono, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin juga ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Kesehatan, menggantikan Terawan Agus Putranto.

Selain itu posisi kosong di Menteri Sosial dijabat oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini. Pada kocok ulang atau reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju Jokowi juga mengganti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio dengan Sandiaga Uno serta Menteri Agama Fachrul Razi digantikan Yaqut Cholil Staquf.

Selanjutnya: Presiden Jokowi lantik menteri dan wamen Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12) pagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×