kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45847,01   -7,82   -0.91%
  • EMAS922.000 0,55%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Industri besar harus gandeng UMKM agar jadi rantai pemasok yang saling menunjang


Rabu, 14 Juli 2021 / 20:21 WIB
Industri besar harus gandeng UMKM agar jadi rantai pemasok yang saling menunjang
ILUSTRASI. Industri besar harus menggandeng UMKM agar jadi rantai pemasok yang saling menunjang.

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum CEO Business Forum Indonesia (CBF) Jahja B. Soenarji meminta industri besar menggandeng usaha mikro, kecil dan meneggah (UMKM) agar menjadi rantai pasok yang saling menunjang dan mendukung satu sama lain.

“Kalau besar sendiri percuma, tapi bagaimana kepedulian sosial dari industri besar yang sering kali melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) bukan hanya sekedar menggelontorkan dana untuk UMKM,” ujar Jahja dalam diskusi virtual, Rabu (14/7).

Jahja berharap para industri besar bisa melibatkan proses seperti UMKM tersebut menjadi vendor. Ia mencontohkan, PT Astra International Tbk yang telah membina UMKM dengan diwadahi dalam Yayasan Dharma Bhakti Astra. Di yayasan tersebut telah dibina UMKM kecil yang menjadi pemasok Astra, seperti pemasok spare part dan seragam.

Baca Juga: Digitalisasi membantu UMKM bertahan di tengah pandemi Covid-19

Jahja meminta para industri besar dapat mendistribusikan sebagian dari proses produksinya kepada UMKM disekitarnya. Dengan cara begitu, industri besar akan bisa menghidupi para UMKM kecil tersebut.

“Selain itu, konsep lingkungan industri kecil saya sarankan untuk mencoba menghidupkan kembali tetapi berdampingan dengan vokasi. Jadi jangan berdiri sendiri. Saya mengharapkan para UMKM, industri besar, vokasi, juga lembaga keuangan sebagai pemodal dapat berdampingan sehingga akan tercipta kehidupan ekosistem nasional yang kuat,” kata Jahja.  

Baca Juga: Ketum CEO Business Forum Indonesia minta pemerintah perhatikan sektor UMKM

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×