kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Ilham Bintang melaporkan kasus pembobolan rekening ke Polda Metro Jaya


Senin, 20 Januari 2020 / 12:47 WIB
Ilham Bintang melaporkan kasus pembobolan rekening ke Polda Metro Jaya
ILUSTRASI. Polisi melitas di samping Gedung Promoter saat peresmian di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (19/1). Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian meresmikan gedung Profesional, Modern, dan Terpercaya (Promoter) yang memiliki 23 lantai tersebut guna menin

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan adanya laporan yang dibuat wartawan senior, Ilham Bintang. Ilham melaporkan kasus dugaan pembobolan rekening miliknya yang ditransfer ke hampir seratus rekening. Laporan Ilham terdaftar dengan nomor laporan LP/349/I/Yan2.5/2020/SPKTPMJ. 

Ilham telah menunjuk Elza Sjarief sebagai kuasa hukumnya. "Laporan kan baru dibuat kemarin tanggal 17 Januari 2020. Kita tunggu saja nanti (pemanggilan terhadap Ilham Bintang)," kata Yusri kepada Kompas.com, Senin (20/1).

Ilham Bintang menceritakan kronologi peristiwa pembobolan rekeningnya dalam akun Facebook pribadinya. Pembobolan rekening Ilham dilakukan orang tak dikenal melalui pencurian nomor kartu Indosatnya saat dia bepergian ke luar negeri. 

Baca Juga: Ilham Bintang kecolongan nomor ponsel dan rekening dibobol, Indosat angkat bicara

Menanggapi pembobolan tersebut, pihak Indosat Ooredoo mengaku akan bekerja sama untuk menangani kasus ini. "Kami akan bekerja sama, termasuk jika ada proses yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah ini dan menjaga kenyamanan pelanggan kami," ujar SVP-Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk dilansir Antara, Senin (20/1). 

Indosat Ooredoo, menurut Turina, telah menemui dan menjelaskan kepada Ilham Bintang mengenai apa yang terjadi. "Kami menyesalkan adanya kejadian dalam proses penggantian kartu atas nama Bapak Ilham Bintang. Kami telah bertemu dengan beliau dan menjelaskan tentang apa yang terjadi," kata Turina. 

Ilham sangat menyesalkan bobolnya sistem pengawasan dan verifikasi faktual Indosat yang membuat terduga pelaku dengan mudahnya mendapatkan nomor kartu seluler ponsel miliknya. Ilham mengatakan bahwa pelaku kejahatan berhasil mendatangi dan mengelabui langsung petugas Indosat di gerai Indosat Bintaro Jaya Xchange dengan mengaku-ngaku sebagai dirinya pada Jumat (3/1). 

Baca Juga: Terpopuler: Potensi klaim AJB Bumiputera Rp 9,6 T, 5 fakta aksi boikot CPO Malaysia

Dia menjelaskan bahwa seharusnya penukaran kartu seluler fisik wajib melalui verifikasi faktual dan administrasi KTP, seperti yang dia alami saat menukar kartu SIM Telkomsel. Namun, sejauh dirinya melihat pada rekaman CCTV hampir tidak ada verifikasi dari petugas Indosat terhadap pelaku.  

Dia juga mengkritik kecerobohan dari pihak Indosat yang tidak mengecek keberadaan lokasi dirinya melalui aktivasi paket roaming. Saat itu, Ilham sedang berada di luar negeri. Akibat pencurian nomor kartu seluler ponsel tersebut, pelaku berhasil membobol uang dalam rekening bank miliknya yang kemudian oleh pelaku ditransfer ke hampir seratus rekening. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ilham Bintang Laporkan Kasus Pembobolan Rekeningnya ke Polisi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×