kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hidup berdampingan dengan Covid-19 harus perhatikan beberapa hal ini


Jumat, 13 Agustus 2021 / 14:56 WIB
Hidup berdampingan dengan Covid-19 harus perhatikan beberapa hal ini
ILUSTRASI. Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengatakan, hidup berdampingan dengan Covid-19 dan tetap mengendalikan penyebarannya memang jadi target setiap negara.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, hidup berdampingan dengan Covid-19 dan tetap mengendalikan penyebarannya memang jadi target setiap negara. Sebab, kapan pandemi Covid-19 dapat berakhir belum dapat diprediksi dengan pasti.

Hidup berdampingan dengan Covid-19 juga harus tetap mengutamakan aspek 3T (tracing, testing dan treatment), penerapan 5M, serta percepatan vaksinasi.

Selama hidup berdampingan dengan pandemi, atau sebelum memasuki masa endemi, Dicky menyebut, masih akan ada potensi tambahan kasus baru dan kasus kematian akibat Covid-19.

Maka penerapan strategi 3T, 5M dan vaksinasi ini harus sangat gencar dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia.

"Artinya harus ada kebijakan yang tetap menjaga kesehatan masyarakat menjadi utama, dengan cara adanya intervensi 3T dijaga, masyarakat bisa beraktivitas jika ada paspor vaksin, iya bisa juga, tapi setelah cakupan juga memadai setidaknya 50%," ujar Dicky, Jumat (13/8).

Baca Juga: Ini alasan mengapa kita wajib tetap pakai masker meski sudah vaksinasi Covid-19

Upaya pemerintah untuk menekan positifity rate di bawah 5% dan menekan sekecil-kecilnya angka kematian juga tetap harus jadi prioritas di tengah upaya hidup berdampingan dengan Covid-19.

"Pada gilirannya semua aspek kehidupan masyarakat selama pandemi dan bahkan juga setelah pandemi ini harus ada penyesuaian," ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut, saat ini pemerintah berupaya menyatukan narasi perubahan perilaku kesehatan di seluruh Indonesia. Selain itu, protokol kesehatan yang sudah diterapkan sejak awal pandemi, yaitu 3M dinilai sudah mencakup seluruh aspek umum protokol kesehatan.

"Pada prinsipnya proses kita hidup berdampingan dengan virus COVID-19 sudah dimulai sejak virus ini masuk ke Indonesia dan diharapkan dengan durasi adaptasi yang cukup lama tersebut dapat membuat masyarakat lebih siap menerima situasi tersebut," kata Wiku.

Wiku menegaskan, dengan berbagai dinamika yang ada, upaya terbaik yang bisa dilakukan masyarakat ialah memaksimalkan berbagai langkah pengendalian secara paralel, untuk proteksi maksimal secara konsisten.

Selanjutnya: Pemerintah masih sempurnakan roadmap hidup berdampingan dengan Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×