kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Halodoc hadirkan pos pelayanan vaksinasi Covid-19


Rabu, 03 Maret 2021 / 14:52 WIB
Halodoc hadirkan pos pelayanan vaksinasi Covid-19
Petugas medis beraktivitas saat vaksinasi Covid-19 kepada warga lansia yang diselenggarakan oleh Halodoc di Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/3/2021).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Guna mendukung percepatan program vaksinasi Covid-19, telehealth Halodoc, sebagai mitra resmi Kementerian Kesehatan RI untuk menghadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 melalui mekanisme drive thru.

Dalam pelaksanaannya Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator, dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Pos Pelayanan Vaksinasi resmi dibuka pada 3 Maret 2021.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menuturkan, guna menyukseskan program vaksinasi Covid-19 memang diperlukan kerjasama dari berbagai komponen bangsa. Dengan target 181,5 juta penerima vaksin yang dijadwalkan berjalan dalam rentang waktu 15 bulan tentu tak dapat dikerjakan oleh pemerintah sendiri.

"Karena itu butuh dukungan dari semua komponen bangsa. Terima kasih untuk Gojek, Halodoc, RS Hermina dan juga PPKK Kemayoran. Mudah-mudahan ini bisa menggerakkan dan memotivasi semua komponen bangsa untuk melakukan hal yang sama. Saya minta minta tolong jangan berhenti di hari ini kalau boleh kita butuh sampai 31 Desember," jelas Budi dalam peresmian Pos Pelayanan Vaksinasi COVID-19 pada Rabu (3/3).

Baca Juga: Jokowi apresiasi BNPB dalam penanganan Covid-19

Jonathan Sudharta, CEO & Cofounder, Halodoc menuturkan, sebelum meresmikan pos pelayanan vaksinasi, Halodoc sudah lebih dulu melakukan layanan drive thru untuk PCR test dan test antigen di lokasi yang sama. Pada layanan vaksinasi drive thru ini, Halodoc memfasilitasi kemudahan akses pembuatan janji secara digital, pengelolaan Pos Pelayanan COVID-19, serta penerbitan sertifikat digital vaksinasi Covid-19.

Lebih lanjut Jonathan menyebut, vaksin yang digunakan pada vaksinasi di pos pelayanan vaksinasi Covid-19 di Kemayoran ialah vaksin Sinovac Biofarma.

Sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI, tahap awal vaksinasi Covid-19 drive thru akan diperuntukkan khusus bagi masyarakat lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP DKI Jakarta dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

"Mulai minggu depan kita rencananya bila berjalan baik bersama Kemenkes, Dinkes kita ingin meningkatkan kapasitas mungkin 3 sampai 5 kali lipat dari yang kita miliki saat ini. Kalau kita lihat secara antusiasme luar biasa besar, waktu gelombang pertama kita buka dalam setengah jam sudah penuh yang booking di Halodoc," kata Jonathan.

Baca Juga: PMI Manufaktur RI melambat pada Februari, begini prospeknya di bulan Maret

Kevin Aluwi selaku Co-Founder dan Co-CEO Gojek menambahkan, pihaknya berperan memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed yang terintegrasi dengan Halodoc dan menyediakan armada GoCar di area vaksinasi untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan sehingga adopsi protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.

Aristo Setiawidjaja, Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategi, Medikaloka Hermina selaku fasilitas kesehatan penanggung jawab menuturkan, pihaknya berkomitmen siap membantu pemerintah dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Aristo menambahkan, baik dari vaksinator dan juga antisipasi adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) sudah dipersiapkan dengan baik oleh pihaknya.

"Vaksinator kita siapkan sebanyak-banyaknya dan juga untuk semester kedua akan kita latih lagi tambahan vaksinator. Kita sanggup melaksanakan ini di semua wilayah wilayah di Indonesia walaupun tidak ada rumah sakit Hermina, petugas kita siap ditempatkan," jelasnya.

Selanjutnya: Perkembangan grafik kasus covid-19 jadi refleksi penanganan corona di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×