kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Erick Thohir titahkan BUMN farmasi segera mengedarkan Ivermectin ke pasar


Rabu, 07 Juli 2021 / 04:16 WIB
Erick Thohir titahkan BUMN farmasi segera mengedarkan Ivermectin ke pasar
ILUSTRASI. Perusahaan farmasi pelat merah, PT Indofarma (Persero) Tbk dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk, mendapatkan perintah untuk segera mengedarkan Ivermectin sebagai obat terapi Covid-19. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan farmasi pelat merah, PT Indofarma (Persero) Tbk dan PT Kimia Farma (Persero) Tbk, mendapatkan perintah untuk segera mengedarkan Ivermectin sebagai obat terapi Covid-19. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir setelah melihat adanya lonjakan harga obat terapi Covid-19 di tengah tren kenaikan kasus positif virus corona selama beberapa pekan terakhir. 

"Saya perintahkan kepada Kimia Farma untuk segera memasarkan Ivermectin dengan harga sesuai aturan Kemenkes dan BPOM, dan hanya bisa diperoleh dengan resep dokter," kata Erick dalam keterangan tertulis, Senin (5/7/2021). 

Lebih lanjut, mantan bos Inter Milan itu menyebutkan, meskipun saat ini masih dalam proses uji coba klinis, Ivermectin sudah siap diedarkan dengan harga relatif murah. 

Baca Juga: Simak harga eceran tertinggi (HET) obat terapi Covid-19, laporkan jika ada yang nakal

Ivermectin disebut telah tersedia secara bertahap di Kimia Farma, dengan harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan sebesar Rp 7.885 per butir termasuk pajak pertambahan nilai (PPN). 

Indofarma sebagai produsen ditargetkan mampu memproduksi 13,8 juta tablet Ivermectin per bulan pada Agustus 2021, meningkat dari kemampuan saat ini 4,5 juta tablet per bulan. 

"Kita masih berkomitmen untuk mengikuti aturan dan standar yang ditetapkan, termasuk proses uji klinis. Kami terus melakukan koordinasi intensif dengan BPOM dan Kemenkes," tutur Erick. 

Baca Juga: Pemerintah diminta tanggung biaya obat pasien Covid-19 isolasi mandiri

Selain memastikan produksi Ivermectin, Erick meminta Kimia Farma untuk melakukan pengawasan internal di BUMN agar tidak terjadi praktik penimbunan stok, sehingga mengakibatkan harga obat melonjak. "Laporkan jika ada pelanggaran," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Minta BUMN Farmasi Segera Edarkan Ivermectin ke Pasar"
Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Bambang P. Jatmiko

Selanjutnya: Polri akan menindak tegas produsen yang menjual mahal dan menimbun obat Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×