kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Eks wakil jaksa agung jadi kuasa hukum Benny Tjokro, ini tanggapan Kejagung


Senin, 20 Januari 2020 / 15:35 WIB
Eks wakil jaksa agung jadi kuasa hukum Benny Tjokro, ini tanggapan Kejagung
ILUSTRASI. Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro berjalan meninggalkan gedung bundar Kejaksaan Agung usai diperiksa sebagai saksi di Jakarta, Senin (6/1/2020). Benny Tjokrosaputro telah resmi menunjuk Muchtar Arifin menjadi kuasa hukum dal

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak terseret kasus Asuransi Jiwasraya, Komisaris PT Hanson International Tbk (MYRX) Benny Tjokrosaputro telah resmi menunjuk Muchtar Arifin menjadi kuasa hukum. Menariknya, Muchtar bukan wajah baru di lingkungan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Ia adalah mantan Wakil Jaksa Agung pada periode 2007 – 2009. Sebelum itu, ia juga pernah menduduki posisi penting di Kejagung mulai dari menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Intelejen (Jamintel) selama periode 2005 – 2007.

Baca Juga: Dorong Pansus Jiwasrya, PKS bantah ingin jatuhkan pemerintah

Ia juga dua kali menduduki posisi Kepala Kejaksaan Negeri yakni di Tarakan, Kalimantan Timur (1993-1995) dan Madiun, Jawa Timur (1997-1998). 

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menilai Benny Ttjokro telah merencanakan dengan baik penunjukan Muchtar sebagai kuasa hukum. Atas hal itu, Anggota Komisi III DPR Ichsan Soelistio mempertanyakan independensi kejaksaan dalam komitmen menyelesaikan masalah ini,

“Mohon independensi dari Jaksa Agung dalam komitmen hukum yang tegak lurus. Jangan sampai ada konflik kepentingan dalam persoalan ini,” kata Ichsan di Jakarta, Senin (20/1).

Baca Juga: Kejagung endus keterlibatan oknum OJK periode terdahulu dalam kasus Jiwasraya

Jaksa Agung ST Burhanuddin menegaskan, pihaknya bersikap independen. Hal ini terlihat dari penetapan Benny Tjokro sebagai tersangka dan kini dia ditahan di Rumah Tahanan KPK.

“Nyatanya kami tahan [Benny Tjokro]. Artinya kejaksaan tidak melihat siapa pengacaranya. Itu yang kami lakukan,” ungkapnya.




TERBARU

Close [X]
×