kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,36   -7,11   -0.75%
  • EMAS918.000 -0,54%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Ekonomi Indonesia masuk resesi, ini kata ekonom Bank Mandiri


Kamis, 05 November 2020 / 20:22 WIB
Ekonomi Indonesia masuk resesi, ini kata ekonom Bank Mandiri
ILUSTRASI. Ekonomi Indonesia masuk resesi, ini kata ekonom Bank Mandiri.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2020 masih mengalami kontraksi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pertumbuhan ekonomi di periode Juli 2020 - September 2020 minus 3,49%  year on year (yoy).

Menilik ke belakang, perekonomian Indonesia pada kuartal II-2020 tercatat sebesar minus 5,32% yoy. Perekonomian pada kuartal tersebut tertekan akibat pandemi Covid-19.

Dengan demikian, merujuk ke definisi resesi yang berarti penurunan PDB selama dua kuartal berturut-turut, Indonesia telah resmi masuk ke jurang resesi.

Namun, meski Indonesia resmi memasuki resesi di kuartal ketiga tahun ini, kontraksinya tidak sebesar kontraksi pada kuartal II-2020. Bila dilihat secara quartal to quartal pun, pertumbuhan ekonomi Indonesia bergerak cukup tinggi, yaitu sebesar 5,05% yoy.

Baca Juga: Indonesia resesi, ekonom INDEF peringatkan efeknya terhadap masyarakat

Kepala ekonom Bank Mandiri, Andry Asmoro, juga melihat akan adanya prospek perbaikan perekonomian di kuartal IV-2020, meski memang tak bisa dipungkiri kalau perekonomian masih akan berada di zona negatif.

“Kontraksinya diperkirakan akan membaik, karena perekonomian sudah berada di titik terendahnya pada kuartal II-2020 saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diterapkan,” ujar Andry dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (5/11).

Harapan ini juga didukung oleh indikator kunci yang menunjukkan adanya perbaikan, di tengah  kurva kasus harian Covid-19 yang masih belum mulai melandai.

Baca Juga: Pandemi corona masih membayangi, BPS: Jalan perbaikan ekonomi masih terjal

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis Basic Social Media Marketing Strategy (Facebook & Instagram) Batch 9

[X]
×