CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.020,29   12,09   1.20%
  • EMAS985.000 1,23%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom BCA memprediksi inflasi pada November 2019 sebesar 0,16%


Minggu, 01 Desember 2019 / 15:59 WIB
Ekonom BCA memprediksi inflasi pada November 2019 sebesar 0,16%
ILUSTRASI. Pengunjung berbelanja kebutuhan pangan di sebuah pusat belanja di Jakarta, Senin (22/07). Sementara bila secara year on year, inflasi diprediksi akan berada di level 3,02% yoy.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonom BCA memprediksi akan terjadi kenaikan harga pada bulan November 2019. Kenaikan harganya pun meningkat dari bulan Oktober 2019.

Kepala Ekonom BCA David Sumual melihat indeks harga konsumen (IHK) pada November 2019 akan sebesar 0,16% secara month on month (mom). Kenaikan harga ini disebabkan oleh pola musiman, yaitu meningkatnya harga-harga menjelang akhir tahun. "Biasanya terkait barang konsumsi, juga transportasi, dan fesyen. Yang pasti dari bahan makanan," kata David kepada Kontan.co.id, Jumat (29/11).

Kenaikan harga dalam bahan pangan juga dilihat David sebagai faktor dari musim kemarau yang masih berlangsung sehingga menunda musim tanam, meski hujan sudah turun di beberapa daerah di Indonesia. Meski begitu, David melihat bahwa kenaikan harga yang terjadi ini tidak perlu dikhawatirkan karena kenaikan harga dinilai masih dalam taraf terkendali.

Baca Juga: Ekonom Bank Mandiri memprediksi inflasi November 2019 sebesar 0,22%

Sementara bila secara year on year, David melihat inflasi akan berada di level 3,02% yoy. Dengan melihat hal ini, untuk selanjutnya, David melihat bahwa inflasi pada akhir tahun 2019 akan bisa berada dalam kisaran target inflasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu 3,5% plus minus 1%.

Sementara untuk tahun 2020, pemerintah juga akan mewacanakan adanya peningkatan harga di beberapa barang, termasuk harga rokok dan iuran BPJS Kesehatan. Namun, David optimis bahwa kenaikan tersebut tidak akan berdampak pada melonjaknya inflasi awal tahun 2020.

"Saya yakin pemerintah akan menaikkan harga secara bertahap, secara gradual. Pemerintah juga pasti melihat pengalaman negara-negara lain dalam menaikkan harga," tandas David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag


TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×