kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom Bank Mandiri: Pembukaan izin konser hingga MICE berdampak positif ke ekonomi


Selasa, 16 Maret 2021 / 13:10 WIB
Ekonom Bank Mandiri: Pembukaan izin konser hingga MICE berdampak positif ke ekonomi
ILUSTRASI. Sejumlah warga tidak mengenakan masker menyaksikan musik dangdut di Lapangan Tegal Selatan


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berencana akan membuka pagelaran musik, olahraga, Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions (MICE), serta acara budaya.

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mengatakan jika kebijakan tersebut benar dilakukan, maka akan berdampak positif terhadap ekonomi, bukan berarti akan kembali normal seperti sebelum masa pandemi Covid-19.

Pertimbangan Faisal kegiatan tersebut masih harus tetap melakukan protokol kesehatan dan keamanan terkait pandemi. Selain itu, agar pemerintah bisa mengukur dampaknya terhadap ekonomi maka kebijakan yang dirancang harus jelas perihal lokasi yang diperbolehkan hingga asal pengunjung.

“Jika tidak sejalan tentu kebijakan pembukaan pagelaran olahraga, musik, MICE, serta acara budaya ini akan terdapat hambatan,” kata Faisal kepada Kontan.co.id, Selasa (16/3).

Baca Juga: Rencana pembukaan izin konser hingga mice, ini kata ekonom Bank Permata

Oleh sebab itu, menurut Faisal pemerintah harus memprioritaskan program PPKM sampai tingkat mikro dan program vaksinasi yang harus terus dikejar dan dipercepat. Tanda-tanda keberhasilan program tersebut sudah mulai terlihat dari angka kasus harian yang cenderung menurun.

Jika angka kasus harian mengecil, maka semakin cepat PPKM dapat dilonggarkan. Sehingga, mobilitas masyarakat beranjak normal dan semakin banyak kegiatan ekonomi yang dapat diperbolehkan.

Dus dapat memacu pemulihan ekonomi. “Saya berpendapat sebaiknya pemerintah masih harus bersabar dahulu untuk membuka kegiatan yang dapat mengumpulkan orang yang banyak dalam satu tempat,” ujar Faisal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×