kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,71   -2,33   -0.23%
  • EMAS988.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Divaksin Covid-19 Saat Puasa Bikin Lemas? Simak Penjelasan Dokter


Kamis, 31 Maret 2022 / 08:49 WIB
Divaksin Covid-19 Saat Puasa Bikin Lemas? Simak Penjelasan Dokter
ILUSTRASI. Menurut dokter, meski sedang berpuasa, seseorang dibolehkan menerima vaksinasi Covid-19.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus menggalakkan program vaksinasi Covid-19. Bahkan, pemerintah mewajibkan masyarakat yang ingin mudik Lebaran tahun ini untuk vaksinasi booster atau dosis ketiga.

Sementara bagi yang belum mendapat dosis vaksin booster, pemerintah juga menyiapkan posko vaksinasi di titik-titik tertentu arus mudik Lebaran 2022. Jika masyarakat mengikuti program vaksinasi booster saat arus mudik nanti, tentu akan mendapat suntikan saat puasa.

Saat berpuasa kondisi tubuh umumnya tidak sebugar hari-hari lain. Lantas, bolehkah mendapat suntikan vaksin?

Penjelasan dokter Dokter sekaligus Direktur RS PKU Muhammadiyah Prambanan Dien Kalbu Ady menuturkan, meski sedang berpuasa, seseorang dibolehkan menerima vaksinasi Covid-19. Sebab, tidak ada perbedaan kondisi imunitas tubuh selama berpuasa dan tidak berpuasa.

“Justru menurut para ahli, imunitas kita selama bulan puasa akan lebih meningkat dibandingkan ketika tidak berpuasa. Hal tersebut didukung dengan pola makan saat sahur dan buka puasa yang diterapkan dengan baik,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/4/2022) malam.

Baca Juga: Kabar Baik dari WHO: Tingkat Keparahan COVID-19 akan Berkurang Seiring Waktu

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menerbitkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa. Fatwa tersebut menjelaskan, vaksinasi Covid-19 tidak membatalkan puasa karena vaksin disuntikkan dan tidak melalui lubang tertentu pada tubuh manusia.

Oleh karena itu, Dien menegaskan bahwa vaksinasi selama puasa tetap dapat dilakukan dan penting untuk mencegah Covid-19. 

Tips vaksinasi saat puasa

Dien membagikan beberapa tips bagi masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi Covid-19 saat sedang berpuasa. Sebelum menerima vaksin, lakukan beberapa persiapan agar tubuh dalam keadaan sehat, di antaranya:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka
  • Minum minimal 2 liter atau 8 gelas
  • Istirahat cukup
  • Kelola stres
  • Hindari rokok.

Baca Juga: Pemerintah Setop Terima Vaksin Hibah hingga April 2022, Ini Penyebabnya

Jika menderita penyakit yang memerlukan konsumsi obat rutin, seperti kencing manis atau darah tinggi, Dien menganjurkan untuk tetap minum obat sesuai dengan anjuran dokter.

“Bila perlu, lakukan penyesuaian waktu minum obat selama puasa. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai penyesuaian jadwal konsumsi obat tersebut,” terangnya.

Kondisi seseorang yang tak bisa divaksin saat puasa Adapun kondisi tertentu yang mengharuskan vaksinasi ditunda, menurut Dien tidak ada perbedaan baik saat berpuasa ataupun tidak. Misalnya, kondisi gula darah yang tidak terkendali dan tekanan darah terlalu tinggi saat skrining sebelum dilakukan vaksinasi.

“Pada kondisi gula darah yang tidak terkendali dan tekanan darah terlalu tinggi bisa ditunda untuk menerima vaksin,” ujarnya.

Baca Juga: Wah, Ada 1,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Akan Kedaluwarsa April 2022

Selain itu, khusus lanjut usia (lansia) yang terlalu lemas karena berpuasa ataupun tekanan darah terlalu rendah juga bisa dipertimbangkan untuk menunda vaksin.

Sebagai informasi tambahan yang perlu diperhatikan setelah mendapat vaksin, jika muncul bengkak di lengan, bisa mengompresnya dengan air dingin. Sementara jika terserang demam, masyarakat bisa mengonsumsi obat penurun panas setelah berbuka puasa.

“Setelah vaksin merasakan efek samping seperti bengkak di lengan, bisa mengompresnya dengan air dingin. Jika mengalami demam, konsumsi obat penurun panas setelah berbuka puasa,” tutur Dien.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Takut Lemas Divaksin Saat Puasa? Ini Kata Dokter"
Penulis : Diva Lufiana Putri
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×