kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,01   -18,50   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ditawari jabatan BUMN, begini 15 tahun perjalanan karier politik Ahok


Kamis, 14 November 2019 / 08:30 WIB
Ditawari jabatan BUMN, begini 15 tahun perjalanan karier politik Ahok
ILUSTRASI. Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hadir saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019). Ahok terlihat mendatangi kantor Kementerian BUMN dan bertemu dengan sang menteri, Erick Tho


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nama pengusaha tambang sekaligus politisi yang kini bernaung di bawah bendera PDI-P, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memang selalu menarik untuk diberitakan. Pria kelahiran Manggar berusia 53 tahun ini terkenal dengan sikap tegas dan ucapannya yang terkesan blak-blakan.

Tak hanya membuat Ahok terkenal, gaya bicaranya itu juga seringkali membuatnya bermasalah dengan berbagai pihak selama menjabat posisi di pemerintahan. Bahkan, ia sempat menjadi tahanan karena tersandung kasus penistaan agama yang membuatnya harus mendekam dalam penjara selama kurang lebih 2 tahun.

Setelah lama tak terdengar di kancah pemberitaan nasional, kini bapak tiga anak ini ditawari menjabat di salah satu BUMN strategis. Ahok terlihat mendatangi kantor Kementerian BUMN dan bertemu dengan sang menteri, Erick Thohir, Rabu (13/11) siang.

Baca Juga: Istana komentari Ahok yang dikabarkan akan dapat jabatan di BUMN

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun membenarkan Ahok akan masuk dalam salah satu BUMN yang bergerak di bidang energi. Sebelum mendapatkan tawaran ini, Ahok tercatat sudah cukup lama berada di panggung pemerintahan baik sebagai eksekutif maupun legislatif, yakni sejak tahun 2004.

Awalnya, Ahok bergabung dengan Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PIB) dan menjadi ketua DPC Partai PIB Belitung Timur. Bukan tanpa alasan, ia masuk ke dalam partai karena melanjutkan kariernya untuk maju dalam pemilihan anggota DPRD Belitung Timur untuk periode 2004-2009.

Baca Juga: Bertemu dengan Menteri Erick, Ahok ke Pertamina, PLN, atau PTPN III?

Ahok pun terpilih dan menjadi anggota dewan di tanah kelahirannya. Tak lama berselang, dia maju mengikuti kontestasi pemilihan Bupati Belitung Timur pada tahun 2005.

Ahok bersama pasangannya, Khairul Effendi memenangkan pemilihan ketika itu dan resmi menjabat sebagai Bupati Belitung Timur untuk periode 2005-2010.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×