kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di Tengah Ketidakpastian Global, Airlangga Klaim Fundamental Ekonomi Indonesia Kuat


Selasa, 11 Oktober 2022 / 17:41 WIB
Di Tengah Ketidakpastian Global, Airlangga Klaim Fundamental Ekonomi Indonesia Kuat
ILUSTRASI. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Di Tengah Ketidakpastian Global, Airlangga Klaim Fundamental Ekonomi Indonesia Kuat


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Di tengah ketidakpastian global, pemerintah Indonesia masih optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi pada tahun ini dan tahun depan di atas 5%.

Optimisme ini didasarkan pada membaiknya pemulihan ekonomi domestik dan komponen-komponen pendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus menunjukkan kinerja positif.

Meski begitu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa saat ini dunia menghadapi situasi yang tidak mudah, khususnya di sektor pangan energi maupun sektor keuangan.

Untuk itu, adanya isu stagflasi dan resesi menjadi tantangan bagi seluruh pemangku kebijakan di dunia.

Baca Juga: Menko Airlangga Pede Pertumbuhan Ekonomi Indonesia pada Akhir 2022 Bisa Tembus 5,2%

"Terkait gejolak internal kita harus terus bertahan dan pemerintah menjaga stabilitas daya beli masyarakat," ujar Airlangga dalam acara Investor Daily Summit 2022 di Jakarta, Selasa (11/10).

Airlangga menyampaikan, beberapa lembaga seperti Fitch dan S& P melihat perekonomian Indonesia masih relatif stabil di tengah banyak negara yang mengalami penurunan rating.

Hal ini menunjukkan bahwa fundamental ekonomi Indonesia masih kuat dan pengelolaan utang, fiskal dan moneter masih cukup prudent.

Dengan pencapaian tersebut, Airlangga masih optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terjaga di rentang 5,2% secara tahunan atau year on year (yoy)  dan di tahun depan berada pada kisaran 4,8% hingga 5,3% yoy. 

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut 6 Bulan ke Depan Sepertiga Dunia Akan Mengalami Tekanan Ekonomi

Oleh karena itu, untuk mendukung pertumbuhan dan pemulihan ekonomi, pemerintah telah menyiapkan anggaran pemulihan ekonomi nasional sebesar Rp 456,6 triliun.




TERBARU

[X]
×