kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,72   4,08   0.44%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Danareksa: Optimisme konsumen turun di Februari 2019


Senin, 04 Maret 2019 / 13:08 WIB
Danareksa: Optimisme konsumen turun di Februari 2019


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Danareksa Research Institute (DRI) merilis hasil optimisme konsumen yang turun dibanding bulan Januari 2019. Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) Februari 2019 turun 1,8% menjadi 100,5.

"IKK melemah pasca naik dalam tiga bulan berturur-turut," jelas DRI melalui rilis tertulisnya, Senin (4/3).

Komponen Indeks Situasi Sekarang (ISS) dan Indeks Ekspektasi (IE), masing-masing tergerus sebesar 3,1% dan 1,0% ke level 84,1 dan 112,8.

Penurunan ISS mengindikasikan bahwa konsumen memberi penilaian yang lebih rendah terhadap keadaan ekonomi dan kondisi lapangan kerja saat ini.

Sedangkan penurunan IE menunjukkan, optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi dan pendapatannya dalam enam bulan mendatang cenderung menurun.

Hasil survey juga menunjukkan bahwa kekhawatiran konsumen terhadap tingginya harga bahan makanan mulai berkurang dari 66,8% menjadi 61,9%. Sedangkan persentase konsumen yang khawatir terhadap kelangkaan kerja cenderung tidak berubah sebesar 37,7% pada bulan Februari.

Pada survei bulan Februari, konsumen merasa yakin bahwa tekanan inflasi akan mereda dalam enam bulan mendatang. Indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap inflasi turun sebesar 1,8% menjadi 173,5.

Secara umum, ekspektasi menurunnya tekanan inflasi dalam 6 bulan mendatang tersebut antara lain disebabkan oleh ekspektasi stabilnya harga bahan pangan karena memasuki masa panen pertanian, dan turunnya harga BBM non subsidi di awal Februari.

Selanjutnya, rencana konsumen untuk membeli barang-barang tahan lama dalam 6 bulan mendatang kembali membaik. Indeks Rencana Beli (IRB) yang mengukur rencana pembelian oleh konsumen naik 2,3% menjadi 189,7 dari bulan sebelumnya atau meningkat sebesar 6,0% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Indikator IRB yang bertahan pada level yang cukup tinggi, mengindikasikan stabilnya rencana beli rumah tangga ke depan.

Sementara itu, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugasnya menguat pada bulan Februari. Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah (IKKP) naik sebesar 0,7% menjadi 109,8 menyusul kenaikan 3,5% di bulan sebelumnya.

Pada survei terakhir, mayoritas komponen yang membentuk IKKP meningkat, dan sebagian besar bertahan di atas level 100. Secara umum, konsumen masih merasa yakin terhadap kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×