kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendag: Harkonas diharapkan menjadi momentum perlindungan konsumen


Rabu, 30 Januari 2019 / 18:52 WIB
Mendag: Harkonas diharapkan menjadi momentum perlindungan konsumen


Reporter: Tane Hadiyantono | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyelenggaraan Hari Konsumen Nasional tahun ini diharapkan bakal membuat konsumen Indonesia menjadi lebih kritis dan berani menyampaikan pendapat.

“Fokus tahun ini lebih dititikberatkan dalam mencapai konsumen yang berdaya, tidak hanya mampu memahami hak dan kewajiban sebagai konsumen namun bisa menjadi konsumen yang kritis dan berani menyampaikan pendapat,” ungkap Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam siaran persnya, Rabu (30/1)

Enggar menyampaikan, Harkonas merupakan perwujudan kehadiran negara dalam melindungi konsumen dan merupakan amanat konstitusi. Harkonas ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 dan diharapkan menjadi momentum untuk peningkatan perlindungan konsumen di Indonesia.

Saat ini angka Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Tahun 2018 adalah 40,41. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen Indonesia telah berada pada level mampu untuk memperjuangkan hak dan kewajibannya. Angka IKK tersebut naik dibandingkan tahun 2017 sebesar 33,70 yang menunjukkan konsumen Indonesia masih berada pada tingkat paham terhadap hak dan kewajibannya.

“Rasa percaya diri masyarakat dalam bertransaksi bersifat fundamental bagi kesehatan ekonomi suatu bangsa. Kondisi ini membangun dinamika pasar dan daya beli konsumen yang efektif, sehingga terbangun pertumbuhan ekonomi nasional berkualitas,” ujar Enggar.

Peringatan Harkonas 2019 terdiri dari beberapa rangkaian acara. Pada peringatan tahun ini akan ada pemberian penghargaan kepada enam Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik Peduli Konsumen, peresmian 250 Kantor Unit Metrologi Legal (UML), peresmian 500 pasar yang telah direvitalisasi, dan peluncuran program Kang Ujang (Tukang Juru Timbang). Selain itu, juga akan diselenggarakan pameran pada 19-20 Maret 2019 bertempat di Jalan Diponegoro,

Kota Bandung, Jawa Barat dengan tema “Edukasi Konsumen”. Peserta pameran berasal dari instansi pemerintah, BUMN/BUMD, lembaga perlindungan konsumen, telekomunikasi, perbankan, perusahaan swasta dari berbagai bidang seperti transportasi, ritel, perdagangan elektronik, asuransi, dan travel.

Pada pelaksanaan Harkonas tahun ini, Kemendag melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga bekerja sama dengan BPKN dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan ini,

Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah Parman menyampaikan dukungan BPKN terhadap pelaksanaan kegiatan Harkonas 2019. Menurutnya, perlu adanya kerja sama dan koordinasi lintas pemangku kepentingan dalam mewujudkan upaya perlindungan konsumen yang optimal ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×