kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Catat, sayembara desain ibu kota baru dibuka 2 Oktober 2019


Sabtu, 28 September 2019 / 19:57 WIB

Catat, sayembara desain ibu kota baru dibuka 2 Oktober 2019
ILUSTRASI. Gagasan rencana desain Ibu Kota Negara

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sayembara desain ibu kota negara (IKN) akan dimulai pekan depan. Sebagai tahap awal, pengumuman dan pendaftaran akan dilaksanakan pada 2-11 Oktober 2019. 

"Targetnya minggu depan sudah mulai dibuka, itu selama tiga bulan," kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja kepada Kompas.com, Sabtu (28/9). Proses sayembara akan dilaksanakan selama tiga bulan yaitu pada 11 Oktober hingga 22 Desember 2019.

Baca Juga: Kementerian PUPR dukung konektivitas infrastruktur ibu kota negara baru

Sepanjang periode tersebut akan dilaksanakan penyusunan dan pemasukan karya, hingga tahap evaluasi sampai penjurian. Setelah itu, pengumuman dan penetapan pemenang sayembara akan dilakukan paling lambat minggu ketiga Desember 2019. 

"Nanti akhir Desember kami sudah punya basic desain yang terpilih tiga. Dari tiga itu kemudian akan disayembarakan lagi di tingkat internasional," sebut Endra. "Jadi sifatnya pengayaan, penajaman, dan bisa saja ada pengembangan dari desain itu," imbuh Endra.

Baca Juga: Di ibu kota baru, mobil akan mendapatkan diskriminasi

Kemudian kurun 1 Januari hingga 31 Agustus 2020 akan dilakukan tahapan penyusunan urban design. Pada saat yang sama, juga dibuka sayembara internasional tepatnya pada awal Januari hingga akhir Maret 2019.

Terakhir, dilakukan pengayaan rancang kota pada awal April hingga akhir Agustus 2019 dengan menggabungkan hasil sayembara internasional dengan dalam negeri. (Dani Prabowo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sayembara Desain Ibu Kota Baru Dibuka 2 Oktober 2019.


Sumber : Kompas.com
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan


Close [X]
×