kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, Puncak Arus Balik Libur Natal dan Tahun Baru 2022 Terjadi di Akhir Pekan Ini


Sabtu, 01 Januari 2022 / 07:25 WIB
Catat, Puncak Arus Balik Libur Natal dan Tahun Baru 2022 Terjadi di Akhir Pekan Ini
ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin rapat koordinasi pengendalian mobilitas di malam tahun baru dan arus balik, di Mapolda Jateng, Semarang,


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik libur Natal serta Tahun Baru 2022 akan berlangsung pada akhir pekan ini, tepatnya 1-2 Januari 2022.

Berbagai langkah antisipasi telah disiapkan dalam upaya mendukung atas sektor keamanan dan kelancaran arus lalu lintas selama periode tersebut. Termasuk rekayasa lalu lintas pada beberapa wilayah tertentu.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, dari data yang diolah tim, puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru 2022 akan ada kenaikan volume kendaraan 5%.

Pantauan arus lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung atau gerbang kota Semarang menuju arah Jawa Barat dan Jakarta melalui jalan tol bakal menjadi pusat perhatian.

Seluruh ruas jalan tol juga sudah terpantau CCTV (kamera pengintai) oleh pusat pengendalian di kawasan gerbang tol Kalikangkung.

Baca Juga: Selamat Tahun Baru 2022, Ini Daftar UMP-UMK Jawa Tengah, Dimana yang Tertinggi?

Apabila terpantau penumpukan kendaraan melalui CCTV, akan dilakukan beberapa rekayasa lalu lintas menyesuaikan kondisi di lapangan baik itu jalur satu arah (one way) maupun contraflow.

"Harapan kita kolaborasi ini berjalan dengan baik agar Pemerintah bisa melayani masyarakat dengan baik," ungkap Budi, Jumat (31/12).

Dalam kesempatan ini, Menhub Budi Karya juga menggelar rapat koordinasi dan pengecekan secara virtual terhadap Kapolres Jajaran Polda Jawa Tengah, di Ruang Vicon, Mapolda.

Hasil koordinasi yang dilakukan menunjukkan bahwa Polda Jawa Tengah beserta jajaran kewilayahan telah siap mengantisipasi arus balik nanti, termasuk juga pergerakan masyarakat di malam tahun baru 2022.

"Tadi hasil koordinasi kami luar biasa, Jawa Tengah dipersiapkan dengan baik," jelasnya.

"Pemerintah tidak akan memberlakukan putar balik, tetapi diharapkan bila masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat," pungkas Budi.

Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Agung Kurniawan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat, Puncak Arus Balik Libur Nataru 2022 Berlangsung Akhir Pekan Ini".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×