kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cadangan beras pemerintah menumpuk, Bulog dibebani utang


Minggu, 03 November 2019 / 16:43 WIB
Cadangan beras pemerintah menumpuk, Bulog dibebani utang
ILUSTRASI. Pekerja mengangkut stok beras BULOG untuk didistribusikan ke pasar-pasar di Gudang Sub-Divre BULOG Serang, di Serang, Banten, Jumat (10/5/2019). Cadangan beras pemerintah (CBP) yang dihimpun Perum Bulog menumpuk.


Reporter: Abdul Basith | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cadangan beras pemerintah (CBP) yang dihimpun Perum Bulog menumpuk. Total CBP yang ara di gudang Bulog mencapai 2,1 juta ton. Padahal berdasarkan aturan yang ada, Bulog hanya menjaga CBP sebanyak 1 juta ton hingga 1,5 juta ton.

Penumpukan CBP memenuhi gudang penyimpanan milik Bulog. Meski menumpuk, Bulog tidak dapat menjual beras tersebut karena terbentur aturan yang ada.

"Tidak bisa dijual ke pasaran umum secara komersial dan hanya boleh untuk stabilisasi harga dan bencana alam sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 01 tahun 2017," ujar Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (3/11).

Beras tersebut sudah ada di gudang Bulog sejak tahun 2018 lalu. Hal itu diyakini telah memasuki usia maksimal penyimpanan beras selama 24 bulan.

Tri khawatir beras yang ada di gudang Bulog tersebut telah mengalami penurunan mutu. Bahkan bukan tidak mungkin beras tersebut akan rusak.

Baca Juga: Waspadai kenaikan harga pangan, Airlangga akan pantau inflasi sampai akhir tahun

Kesulitan Bulog menyalurkan CBP ditambah dengan pengalihan program beras sejahtera (rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT). Program tersebut resmi menggantikan rastra sejak September 2019 lalu.

Sementara rencana pemerintah menjadikan Bulog pemasok BPNT belum berjalan maksimal. Hal itu dikarenakan berdasarkan aturan yang ada, pemasok BPNT menggunakan skema pasar terbuka.

"Realisasi beras Bulog yang dipakai dalam program BPNT baru 6% sampai 7% dari total kebutuhan," terang Tri.

Bulog masih mengeluarkan CBP untuk program Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH). Namun jumlahnya kecil masih di bawah 100.000 ton.

Baca Juga: Rem pengadaan, realisasi serapan beras Bulog hingga Oktober baru 1,1 juta ton

Asal tahu saja, penumpukan beras juga berdampak pada keuangan Bulog. Pinjaman dengan bunga komersil untuk penyerapan beras CBP membuat utang Bulog membengkak.

Tri bilang, penggantian pembelian CBP baru dapat terealisasi setelah beras dijual. Setelah dijual, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) akan menghitung selisih harga jual dan harga beli untuk diganti.

Proses audit pun diungkapkan Tri memakan waktu yang tidak sebentar. Untuk audit penggantian selisih harga tersebut butuh waktu hingga 2 bulan.

"Dampaknya Bulog setiap bulan wajib bayar kewajiban pinjaman kredit ke bank dan bunganya," jelas Tri.

Oleh karena itu Bulog berharap agar pemerintah segera melakukan sinkronisasi regulasi terkait CBP yang disimpan Bulog. Hal itu untuk optimalisasi tugas Bulog menjaga stabilitas di tingkat hulu dan hilir.

Selain itu penyediaan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga diperlukan oleh Bulog. Pasalnya selama ini Bulog menggunakan pinjaman melalui bank dengan bunga komersial sehingga memberatkan.

Baca Juga: Pengusaha dan Petani Sepakat, Kebijakan Harga Beras Perlu direvisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×