kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPK Surati Kemhan Soal Temuan Pada Anggaran Komponen Cadangan (Komcad) di Kemenhan


Selasa, 01 November 2022 / 20:49 WIB
BPK Surati Kemhan Soal Temuan Pada Anggaran Komponen Cadangan (Komcad) di Kemenhan
Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Isma Yatun (kanan) bersama anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana (tengah) memberikan keterangan usai menyerahkan IHPS I Tahun 2022 kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan (1/11/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkap temuan pada anggaran program Komponen Cadangan (Komcad) yang dijalankan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Anggota I BPK Nyoman Adhi Suryadnyana mengatakan penganggaran komcad yang dilakukan bertahap mendapatkan beberapa koreksi. Koreksi tersebut telah ditindaklanjuti dengan berkirim surat ke Kemenhan langsung.

"Nah komcad ini dianggarkan oleh Kemenhan. Namun bertahap. Pelaksanaan secara bertahap ini ada beberapa koreksi terkait dengan pelaksanaannya, tapi koreksi bersifat administratif. Dan ada koreksi-koreksi lain yang sudah ditindaklanjuti," kata Nyoman.

Baca Juga: Kemenhan Dukung ASN Jadi Komponen Cadangan

Nyoman juga menyebut bahwa Menteri Pertahanan sendiri telah menindaklanjuti atas rekomendasi yang diberikan BPK mengenai komcad.

"Betul, sudah kita surati langsung ke menterinya dan sudah ditindaklanjuti," jelasnya.

Sebagai informasi, hari ini Selasa (1/11) Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Isma Yatun menyerahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (lIHPS) I Tahun 2022 kepada Presiden RI, Joko Widodo. Sebelumnya, IHPS I Tahun 2022 telah disampaikan kepada DPR pada 4 Oktober 2022 dan kepada DPD pada 7 Oktober 2022.

"Kami sampaikan tadi terkait beberapa masukan-masukan dan pandangan-pandangan dari kami, rekomendasi dari kami terhadap hasil pemeriksaan di kementerian, lembaga, BUMN. Masukan kepada pemerintah sebagai alternatif pengambilan kebijakan dan juga perbaikan-perbaikan terhadap tata kelola dan keuangan negara,” ucap Nyoman.

Selanjutnya, Nyoman menjelaskan bahwa rekomendasi hasil pemeriksaan tersebut tidak hanya untuk satu kementerian tetapi juga disampaikan kepada seluruh kementerian/lembaga melalui Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Indef: Komcad merupakan solusi penghematan anggaran Kementerian Pertahanan

“Secara umum perbaikan-perbaikan yang dilakukan ini nanti akan ditindaklanjuti oleh Menteri Keuangan selaku koordinator akan menyampaikan surat dari Presiden kepada seluruh kementerian dan lembaga untuk menindaklanjuti apa temuan-temuan dan perbaikan-perbaikan dari kami,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×