kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJS Kesehatan dorong pemda cegah kecurangan program JKN-KIS


Kamis, 27 Agustus 2020 / 21:26 WIB
BPJS Kesehatan dorong pemda cegah kecurangan program JKN-KIS
ILUSTRASI. Petugas melayani salah seorang peserta penyandang disabilitas BPJS Kesehatan di kantor cabang BPJS Kesehatan Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/29/07/2020.


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  BPJS Kesehatan mendorong Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan upaya pencegahan kecurangan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Maya Amiarny Rusady mengatakan hal ini penting mengingat pelayanan yang bermutu merupakan hasil dari kolaborasi seluruh pelaku kepentingan.

“"Pemerintah Daerah merupakan salah satu key stakeholder bagi BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program JKN-KIS. Sangat penting bagi Pemerintah Daerah untuk dapat memahami perannya guna melakukan pencegahan fraud dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional di tiap-tiap daerah,” kata Maya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/8).

Dia pun mengungkap upaya pencegahan kecurangan yang bisa dilakukan pemda dengan menyusun regulasi pendukung di daerah masing-masing sebagai turunan dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kecurangan (Fraud) Serta Pengenaan Sanksi Administrasi Terhadap Kecurangan (Fraud) Dalam  Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan.

Baca Juga: Pemerintah akan suntik vaksin Covid-19 massal secara gratis

Sementara itu, Maya juga mengungkap digitalisasi layanan merupakan salah satu upaya BPJS Kesehatan untuk mencegah kecurangan. Hal tersebut dilakukan mulai dari pengembangan penggunaan biometrik, teknologi analisa data dan machine learning.

Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga telah menerapkan verifikasi klaim layanan berbasis digital (Vedika). Maya menjelaskan, sistem tersebut sudah semakin matang dimana perekamanan data dilakukan setiap hari dengan jumlah yang tidak sedikit. Dari data tersebut terus berkembang hingga menghasilkan data-data analisa termasuk data analisa yang berpotensi/mengarah pada fraud.

“BPJS Kesehatan juga menggunakan teknologi machine learning dalam upaya meminimalkan potensi fraud. Teknologi ini memanfaatkan alogaritma dari pengguna yang fungsinya untuk mempelajari klaim-klaim yang diajukan,” jelas Maya.

Inspektur 1 Kementerian Kesehatan sekaligus Ketua Tim Pencegahan Kecurangan Tingkat Pusat Edward Harefa juga mengatakan Pemda maupun fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan melaksanakan Program JKN-KIS harus mulai menyusun regulasi pendukung, mengembangkan budaya pencegahan kecurangan  dalam program JKN, mengembangkan pelayanan berorientasi kendali mutu dan kendali biaya dalam program JKN, dan pembentukan Tim Pencegahan Kecurangan (fraud) dalam program JKN-KIS di masing-masing daerah.

Baca Juga: Ini 3 cara mudah daftar BPJS Kesehatan untuk pekerja bukan penerima upah

Dia mengatakan, Kementerian Kesehatan sudah melakukan monitoring dan evaluasi atas implementasi  upaya pencegahan kecurangan dalam Program JKN-KIS di Dinas Kesehatan, RS Vertikal dan FKTP.

"Hasil monitoring menunjukkan  perlu dilakukan kembali sosialisasi dan pemahaman lebih mendalam tentang Permenkes 16/2019 beserta juknis-juknisnya kepada Dinkes Provinsi, Kabupaten/Kota, FKTP dan FKTRL, serta kegiatan monitoring dari Tim Anti Kecurangan (fraud) dalam Program JKN Tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota,” terang Edward.

Dia juga berpendapat perlu dilakukan integrasi sistem pencegahan, deteksi dan penanganan kecurangan pada seluruh area Program JKN-KIS. Perlu pula upaya secara sistematis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dalam hal penyusunan kebijakan, pelaksanaan dan monitoring serta evaluasi wilayah kerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×