kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45821,17   8,87   1.09%
  • EMAS1.026.000 -2,84%
  • RD.SAHAM 0.38%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

BMKG: Hari ini dan besok matahari di atas Kabah, waktu tepat mengecek arah kiblat


Rabu, 27 Mei 2020 / 00:43 WIB
BMKG: Hari ini dan besok matahari di atas Kabah, waktu tepat mengecek arah kiblat
ILUSTRASI. Umat Muslim beribadah pada malam Lailatul Qadar, malam paling suci untuk Muslim, sambil melakukan pembatasan sosial, menyusul penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) pada bulan suci Ramadhan, di Mesjid Agung di Mekah, Arab Saudi, Selasa (19/5/2020). S

Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - Apakah arah kiblat Anda saat beribadah salat sudah tepat menuju Kabah? Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) punya tips untuk menentukan arah yang tepat agar arah kiblat sesuai dengan kompas yang benar.

Menurut BMKG, hari ini Rabu 27 Mei 2020 dan Kamis 28 Mei  2020 besok akan ada fenomena alam yang perlu menjadi perhatian umat muslim Indonesia.

BMKG menginformasikan pada dua hari ke depan ini, adan ada fenomena alam matahari akan berada tepat diatas kiblat umat muslim dunia yakni Kabah yang ada di Masjidil Haram Kota Makkah.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Assalamu'alaikum sobat BMKG. Mau ngasih info nih... Apaan tuh??? Besok dan lusa tanggal 27 dan 28 Mei, sobat BMKG yang muslim bisa melakukan pengecekan arah kiblatnya udah benar atau belum. Kok bisa, trus caranya gimana??? Soalnya besok dan lusa tepat pukul 16.18 WIB Posisi Matahari tepat di atas Ka'bah. Caranya mudah kok, seperti biasanya kamu tinggal meletakkan benda berbentuk batang secara tegak lurus lalu tandai arah bayangan yang dihasilkan menggunakan benang atau spidol, Arah kiblat yang benar adalah arah yg ditunjukkan dari ujung bayangan menuju batang. Peristiwa ini hanya berlaku untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah bagian Barat. Fenomena ini berlangsung dua kali dalam setahun, yakni pada 27-28 Mei pukul 16.18 serta 15-16 Juli pada pukul 16.26 WIB. Sementara untuk Indonesia bagian Timur (juga sebagian Indonesia Tengah bagian Timur) penentuan arah kiblatnya dapat dilakukan saat Matahari di atas diantipoda Kabah (sebalik arah Kabah) yang terjadi setiap 16 Januari pukul 06.29 WIT dan 28 November pukul 06.09 WIT.

A post shared by BMKG (@infobmkg) on

 

Karena itulah fenomena alam ini menjadi kesempatan untuk menentukan arah kiblat agar tidak salah.

Menurut BMKG, Hari ini dan besok tepat pukul 16.18 WIB posisi matahari tepat di atas Kabah. 

Peristiwa ini hanya berlaku untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah bagian Barat. Fenomena ini berlangsung dua kali dalam setahun, yakni pada 27-28 Mei pukul 16.18 serta 15-16 Juli pada pukul 16.26 WIB.

Sementara untuk Indonesia bagian Timur, juga tersebagian Indonesia Tengah bagian Timur BMKG menyarankan penentuan arah kiblatnya dapat dilakukan saat Matahari di atas Kabah (sebalik arah Kabah) yang terjadi setiap 16 Januari pukul 06.29 Waktu Indonesia Timur (WIT) dan 28 November pukul 06.09 WIT.

Secara umum menurut BMKG cara menentukan arah kiblat ini mudah. Seperti biasanya Anda tinggal meletakkan benda berbentuk batang secara tegak lurus lalu tandai arah bayangan yang dihasilkan menggunakan benang atau spidol. 

Arah kiblat yang benar adalah arah yg ditunjukkan dari ujung bayangan menuju batang. 

Agar lebih tepat ikuti tahapan berikut ini. 

  • Pertama sesuaikan jam yang And a gunakan dengan jam BMKG
  • Kedua pasang batang yang lurus secara tegak lurus pada permukaan yang datar. Pada bagian ini pastikan batang tersebut menghasilkan bayangan.
  • Ketiga, tandai arah bayangan yangdihasilkan oleh batang tersebut, saat matahari tepat berada di atas Kabah pada pukul 16.18 WIB.
  • Keempat, arahkiblat menarah dari ujung bayangan menuju batang yang disediakan.
  • Kelima, kondisi seperti ini akan terulang tiap tahunnya pada tanggal 27-28 Mei dan 15-16 Juli.

Selamat mencoba.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×