kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,72   -13,52   -1.44%
  • EMAS915.000 -0,97%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.26%

BI ikut danai vaksin Covid-19 hingga Rp 47 triliun lewat burden sharing


Jumat, 22 Januari 2021 / 12:29 WIB
BI ikut danai vaksin Covid-19 hingga Rp 47 triliun lewat burden sharing
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) turut mengambil peran dalam pengadaan vaksin Covid-19 dalam hal pendanaannya. Gubernur BI Perry Warjiyo menyebut, BI mendanai vaksin hingga Rp 47 triliun. 

“Saya sudah bilang ke Presiden dan Menteri Keuangan, itu dana tahun lalu dari burden sharing masih sisa Rp 47 triliun, di carry over untuk 2021. Udah itu dana termasuk dalam silpa dipakai aja beli vaksin,” jelas Perry, Jumat (22/1). 

Dengan demikian, dia optimistis kalau tidak ada masalah biaya dalam proses pengadaan vaksin ini. Namun, bukan berarti pengadaan vaksin tidak ada tantangan. Ia pun mengatakan beberapa hal yang bisa menghambat proses vaksinasi. 

Baca Juga: BI: Masih ada ruang bagi penurunan suku bunga acuan

Pertama, soal ketersediaan vaksin. Seperti yang kita ketahui, saat ini negara-negara di dunia mengadakan proses vaksinasi dan tak jarang Indonesia berebut vaksin dengan negara lain. 

Kedua, implementasi di lapangan. Dengan luasnya Indonesia dan banyak penduduk yang masuk kategori perlu divaksinasi, perlu kordinasi yang cukup untuk melancarkan proses vaksinasi. 

Ketiga, proses vaksinasi tidak bisa instan. Ini perlu waktu untuk akhirnya menjangkau seluruh masyarakat. Belum lagi, Indonesia juga perlu waktu mendatangkan stock vaksin. 

Namun, Perry tetap yakin proses vaksinasi ini akan berjalan lancar dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ini pun akhirnya bisa membuka jalan lebih lebar bagi Indonesia untuk mendapatkan pemulihan ekonomi. 

 

Selanjutnya: BI tahan suku bunga acuan, indeks saham sektor properti naik tipis

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Peningkatan Produktifitas Panduan Cepat Menganalisa dan Merumuskan Strategi Bisnis

[X]
×