kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.918   12,00   0,08%
  • IDX 7.194   53,44   0,75%
  • KOMPAS100 1.105   10,45   0,95%
  • LQ45 877   11,00   1,27%
  • ISSI 221   0,83   0,38%
  • IDX30 448   5,50   1,24%
  • IDXHIDIV20 540   5,09   0,95%
  • IDX80 127   1,35   1,07%
  • IDXV30 134   0,22   0,17%
  • IDXQ30 149   1,57   1,07%

BI Catat Total Transaksi Pembelian Produk Halal di E-Commerce Naik 29,38% pada 2022


Minggu, 12 Februari 2023 / 15:20 WIB
BI Catat Total Transaksi Pembelian Produk Halal di E-Commerce Naik 29,38% pada 2022
BI Catat Total Transaksi Pembelian Produk Halal di E-Commerce Naik 29,38% pada 2022


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Transaksi pembelian produk halal di e-commerce makin meningkat pada tahun 2022. 

Bank Indonesia (BI) mencatat, total nilai transaksi produk halal di e-commerce dari Januari hingga November 2022 sebesar Rp 20,45 triliun atau naik 29,93% secara tahunan atau year on year (yoy). 

Dalam buku Kajian Keuangan dan Ekonomi Syariah Indonesia 2022 yang terbit awal bulan ini, tergambar industri e-commerce memang mendapat momentum pertumbuhan yang ciamik di tengah pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Akselerasi Ekonomi Syariah untuk Pemulihan Ekonomi Melalui Tiga Langkah

Transaksi e-commerce makin meluas ke berbagai lapisan masyarakat dan bahkan menjadi kebiasaan baru. Tak terkecuali, dalam pembelian produk halal. 

Lonjakan transaksi pembelian produk halal di e-commerce terjadi pada April 2022, karena faktor musiman, yaitu menjelang bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri. 

Berdasarkan produknya, transaksi produk halal di e-commerce didominasi produk fesyen muslim dengan pangsa mencapai 73,86% dari total nominal transaksi e-commerce. 

Jumlah transaksi tersebut naik 19,73% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Bankir Yakin Kredit Konsumer Tumbuh Optimal Sampai Penghujung Tahun

Kondisi ini mengindikasikan bahwa penjualan produk fesyen muslim secara daring mengalami perkembangan yang lebih pesat. 

Setelah fesyen muslim, produk selanjutnya yang mendominasi adalah pembelian produk personal care dan kosmetik halal dengan pangsa 11,90%. 

Kemudian disusul dengan makanan dan minuman halal dengan pangsa 6,39% dari total transaksi, kemudian diikuti produk rumah tangga dan kantor dengan pangsa 3,28%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×